Mengetahui Jenis kayu untuk Bahan dasar Lantai Kayu

On January 6, 2018 by peter suherman

Jenis kayu bahan dasar Parket - Dalam industri lantai kayu terdapat beberapa jenis kayu yang sudah biasa digunakan sebagai bahan dasar, rata-rata jenis kayu yang digunakan adalah kayu yang memiliki tingkat kekerasan tinggi, menggunakan kayu untuk membuat produk parket memang tidak boleh sembarangan karena apabila menggunakan kayu yang kurang bagus maka tingkat keawetan dan kekuatannya pun akan jelek sehingga dapat merugikan.

lantai kayu untuk area indoor

lantai kayu parket

Beberapa jenis kayu yang paling sering digunakan tersebut adalah antara lain Kayu jati, sonokeling, bengkirai, merbau, dan sungkai. setiap jenis kayu memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing, mengingat jenis kayu yang bermacam-macam maka sama halnya dengan harga jual lantai kayu, penggunaan penutp lantai yang satu ini sekarang memang sedang banyak disukai oleh masyarakat, meskipun harga jualnya terbilang cukup tinggi tetapi itu sepadan dengan manfaat yang dimiliki lantai kayu itu sendiri.

Berikut ini adalah uraian tentang jenis kayu dan informasinya :

  • Kayu Jati
kayu jati mentah

kayu jati log

Siapa yang tidak mengetahui jenis kayu yang satu ini ? di Indonesia kayu jati sudah sangat terkenal. hal itu dikarenakan ia memiliki kekuatan dan keawetan yang bagus, selain itu motfnya juga sangat elegan. selain di Indonesia, Jati ini banyak ditemukan di Myanmar, Laos, India, Thailand, dan Kamboja. kayu jati ini biasa dipakai sebagai bahan dasar Lantai Kayu indoor seperti parket, flooring, papan tangga dan juga plin. dalam penggunaanya untuk parket, jati dibagi menjadi 3 grade yang dibedakan berdasarkan bagian-bagian kayu.

  • Bengkirai
bengkirai kayu

kayu bengkirai log

Kayu Bengkirai ini biasa digunakan untuk bahan dasar lantai kayu outdoor karena tingkat kekerasan dan keawetannya yang bagus. jenis kayu ini biasa juga disebut yellow balau karena memiliki warna kayu yang kuning agak kecoklatan. di Indonesia sendiri Bengkirai banyak tumbuh di pulau Kalimantan. selain digunakan untuk lantai kayu outdoor, bengkirai juga terkadang digunakan untuk flooring indoor.

  • Sonokeling
kayu sonokeling

log kayu sonokeling

Jenis kayu yang satu ini bisa dibilang sebagai kayu mewah karena motif dan corak yang dimilikinya benar-benar eksklusif, dengan warna hitam denan sedikit ungu dan terkadang juga diselingi warna krem, membuat sonokeling menjadi kayu dengan motif yang elegan. jenis kayu ini banyak tumbuh di daerah jawa tengah dan jawa timur, biasa digunakan untuk bahan dasar lantai kayu indoor seperti parket dan flooring.

  • Merbau
flooring kayu merbau

kayu merbau

Kayu merbau ini dalam industri lantai kayu bisa dibilang adalah saingannya kayu jati, dengan warna merah agak kecoklatan, merbau ini tampil gagah. serat kayu merbau ini sedikit agak menyerupai kayu kelapa. jenis kayu yang satu ini memiliki tingkat kekerasan yang bagus, di Indonesia merbau banyak dijumpai di Papaua atau Maluku. dalam penggunaannya, merbau biasa dijadikan sebagai bahan dasar lantai kayu indoor maupun outdoor. kekurangan merbau adalah tidak tahan air, karena apabila ia terkena air maka akan mengeluarkan getah berwarna merah.

  • Sungkai
kayu flooring sungkai

sungkai kayu

Kayu Sungkai ini memang kurang populer di Indonesia, akan tetapi dalam dunia pertukangan, Sungkai ini sangat banyak disukai karena harga jualnya yang terjangkau dengan kualitas yang bagus. tingkat kekerasan sungkai ini lumayan tinggi. warna kayunya adalah krem/putih polos. dalam penggunaanya kayu sungkai biasa dijadikan sebagai bahan dasar lantai kayu indoor yaitu flooring.

Berminat membeli Lantai Kayu hubungi : Asep Didin – 081223449911

baca juga : Katalog Harga Lantai Kayu

Setiap jenis kayu memang memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing, tinggal anda pilih kira-kira jenis mana yang akan sesuai dengan keinginan anda. sekian artikel tentang jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar lantai kayu. semoga dapat bermnafaat.

harga lantai kayu parket
dasar lantai kayu

Comments are closed.