membasmi rayap

6 Cara Membasmi & Mencegah Rayap Dirumah Dengan Tepat!

Cara Membasmi Rayap, Gudangparquet.net – Rayap merupakan hama yang sangat menjengkelkan, Apalagi jika rayap sudah menggerogoti habis furniture kayu rumah kita. Rasanya ingin membakar rumah secara keseluruhan.

Apapun yang berhubungan dengan hama pastinya akan menimbulkan kerugian dari kecil hingga besar.

tips mengusir rayap

Berbagai cara sudah dilakukan, namun masih saja ada rayap yang datang dan merusak property berharga.

Eits, Apakah cara tersebut sudah benar? Atau jangan-jangan anda tidak tahu cara yang tepat untuk mengatasinya?

Sebenarnya untuk membasmi rayap itu sendiri cukup mudah, banyak cara yang bisa Anda pahami dan Anda praktekkan, Namun sebaiknya tidak terlalu menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Cukup dengan cara sederhana dan alami, Anda sudah dapat membasminya secara tepat dan cepat. namun selum membasmi hama rayap, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui cara mencegahnya.

Untuk itu, Kami hadir untuk memberikan beberapa trik dan cara Mencegah hama rayap dengan cepat dan tepat, siapkan buku Anda dan catat agar Anda bisa berbagi informasi, jika saudara Anda mempunyai masalah yang sama.

Anda dapat membagi informasi ini, yuk kita bahas apa saja tips untuk membasmi rayap, berikut ini :

Cara Mencegah Hama Rayap yang Tepat

Bersihkan sisa – sisa kayu dan daun kering

cara mencegah rayap

Langkah pertama yang harus kita perhatikan Adalah Kebersihan area dalam dan luar, kebersihan rumah tidak selalu tentang dalam ruangan saja, melainkan Anda harus rutin membersihkan area luar juga.

Apalagi, jika halaman Outdoor Anda terdapat pohon yang menjulang tinggi, yang sering kali menimbulkan dedaunan kering dan ranting-ranting yang patah.

yang harus diingat bahwa Daun kering dan ranting merupakan tempat terbaik untuk hama rayap tanah tinggal.

Untuk itu, jika Ada dedaunan yang kering, sebisa mungkin untuk langsung dibakar dan jangan sampai menumpuk karena takutnya hama tanah akan muncul dan masuk kerumah Anda. yuk untuk tetap jaga kebersihan!

Banyaknya ventilasi dapat mengurangi hama rayap

ventilasi mengurangi populasi rayap

Rayap merupakan Hama yang lebih menyukai tempat yang lembab dan minimnya pencahayaan matahari, Maka dari itu langkah satu ini sangat efektif untuk mencegah adanya hama rayap.

Memperhatikan ventilasi didalam rumah, dan memperbanyak ventilasi. ini dilakukan agar sinar matahari masung secara menyeluruh ke setiap sudut rumah.

Namun, jika sudah terlanjur memiliki ventilasi yang minim, Anda dapat mengatasinya dengan cara menjemur beberapa furniture diluar ruangan agar terkena sinar Matahari. Yuk, segera cegah hama rayap.

Berikan jarak furnitur dengan dinding Rumah

cara mencegah rayap

Jika bangunan atau furniture Anda didominasi dari bahan kayu, berikan jarak antara furnitur dengan dinding. Cara ini sangat efektif dan tepat karena akan membantu mencegah rayap tanah yang masuk kedalam permukaan bangunan dengan memanfaatkan media kayu.


Apalagi jika kayu yang Anda gunakan bukan jenis kayu solid yang berkualitas, hal ini akan mempermudah uap air dan kondisi lembab yang merupakan kondisi yang disukai rayap.

Untuk itu, Segera beri jarak furnitur dan dinding agar furnitur kesayangan Anda terhindar dari Hama rayap yang menjengkelkan. Dengan begitu, furnitur kesayangan Anda terhindah dari rayap, yuk segera benahi dan cegah hama rayap.

Semua cara pencegahan sudah kami lakukan, lantas bagaimana cara membasmi hama rayap yang sudah masuk dan mengerogoti dengan cepat?

Baca juga : 5 Desain untuk Mempercantik Kanopi, Wajib Anda ketahui!

Jika Anda sudah tahu bagaimana cara pencegahan, dan tentunya Anda juga harus mengetahui cara membasminya. Yuk segera catat dan simak beberapa trik membasmi hama rayap dengan cepat menggunakan bahan Alami :

Begini Cara Membasmi Hama Rayap dengan Cepat dan Alami

Cara Membasmi Rayap dengan Daun Sirih

cara membasmi rayap

Siapa yang tidak percaya bahwa daun sirih dapat membasmi rayap dengan cepat? Mungkin beberapa dari Anda hanya tahu bahwa daun sirih digunakan untuk kesehatan saja. namun tidak dengan kali ini, karena daun sirih dapat digunakan untuk membasmi rayap dengan cepat

Cara penggunaanya cukup sederhana dan tidak terlalu repot, yaitu : siapkan beberapa daun sirih, lalu tumbuk hingga halus, tapi dikira melelahkan, Anda dapat menggunakan mesin blender.

lalu jika sudah tertumbuk, campurkan daun sirih dengan beberapa tetes alkohol lalu campurkan, jika sudah tercampur, simpan dan oleskan daun sirih tersebut ditempat yang ada rayap.

Setelah itu tunggu beberapa menit dan lihat hasilnya, hama rayap akan langsung mati dan tidak akan kembali. Yuk segera basmi

Cara Murah dan cepat dengan menggunakan Cairan sabun

tips membasmi rayap

JIka dirasa cara pertama tidak mudah untuk Anda atau tidak adanya daun sirih, Coba untuk menggunakan cara kedua dengan menggunakan cairan sabun, Karena sabun terbilang murah dan mudah ditemukan, Anda dapat menggunakan cara tersebut.

Cara penggunaanya cukup simple dan mudah, Anda cukup menyiapkan sabun dan air, lalu buatlah busa hingga merata, setelah dirasa sudah cukup berbusa.

Anda cukup menyiram area rayap dengan perlahan dan tidak terlalu berlebihan, setelah itu tunggu dan lihat hasilnya. yuk segera basmi rayap dengan cara mudah!

Baca juga : Mengenal Lantai kayu terbaik dan murah

Membasmi Rayap dengan Menggunakan Garam

garam untuk membasmi rayap

untuk langkah berikutnya, Anda cukup menggunakan garam. Tidak hanya berguna untuk membuat cita rasa pada makanan saja, melainkan garam dapat membantu Anda untuk membasmi hama rayap pada dinding atau bahan kayu di rumah Anda.

Cara penggunaannya cukup sederhana, Anda dapat menyampurkannya dengan air lalu di oleskan atau anda bisa langsung menaburi garam ke arah tempat yang ada rayapnya. Setelah itu, Anda akan terhindar dari Hama rayap.

Cara satu ini terbilang sangat mudah dan simple, karena tidak perlu bahan-bahan yang sulit dan pengerjaan yang rumit, Oleh karena itu, yuk segera Ambil garam dan taburi di area rayap. Selamat mencoba!

itulah beberapa cara membasmi rayap yang membandel, dengan cara tersebut Anda tidak perlu takut dan khawatir mengenai rayap yang menjengkelkan.

Namun, apakah Anda ingin terhindar dari rayap sedari awal? kami akan merekomendasi material yang bisa Anda gunakan untuk interior dinding dan lantai Anda. Berikut rekomendasinya:

Menggunakan Material Kayu berkualitas Anti Rayap

jenis kayu anti rayap

Jikalau rayap menyukai material kayu dan terbilang sering merusak yang berbahan dasar kayu, namun apakah Anda tahu penyebab utama dari penyebab tersebut?

salah satu penyebabnya yaitu karena kebanyakan orang menggunakan kayu yang terbilang asal jenis kayu dan tidak ada kriteria anti rayap. oleh sebab itu, dengan mudahnya rayap merusak bahan dasar kayu seisi rumah .

Jika Anda ingin menggunakan Material kayu, pastikan terlebih dahulu jenis kayu mana yang cocok untuk rumah anda, apalagi material kayu tersebut memiliki minyak alami anti rayap. Namun, sudahkan Anda mengetahui jenis kayu apa saja yang memiliki anti rayap? inilah uraian jenis kayu anti rayap

Baca Juga: Ketahanan Lantai Parket Kayu Terhadap Rayap dan Air

Beberapa Jenis Kayu anti rayap

  • Kayu Ulin
  • Kayu jati
  • Kayu Merbau
  • Kayu bengkirai

Jenis kayu diatas merupakan jenis kayu yang memiliki minyak anti Rayap, dengan itu jika Anda menggunakan kayu tersebut sebagai bahan dasar bangunan atau interior rumah Anda, Anda tidak perlu takut dan khawatir jika susatu saat ada rayap yang menggerogoti kayu.

Dengan itu, Segera gunakan bahan dasar kayu tersebut, dan stop untuk menggunakan jenis kayu yang tidak tahu kualifikasi dan Kualitasnya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, dan Terimakasih telah membaca artikel tersebut hingga tuntas.
Selamat Membasmi hama rayap dan untuk menggunakan material kayu berkualitas.