Cara Pemasangan Wall Panel Mandiri Tak Perlu Tukang

Cara pemasangan wall panel – Panel dinding WPC merupakan laternatif pegganti desain panel yang dibuat dari kayu konvesional yang digunakan diberbagai aplikasi, seperti pelapis dinding, partisi, dan dekorasi dinding.

Wall panel sendiri terbuat dari bahan dan tampilannya yang bervariasi, dimana pemasangan wall panel tergolong mudah dan tidak menggunakan alat berat, yang membuat pemasangannya bisa dilakukan oleh diri sendiri.

selain itu, wallpanel memiliki sambungan antarpanel dengan sistem lidah, sehingga panel ini mudah dipasang dan dibongkar. Tapi, agar tidak ada salah cara dari pemsangan wallpanel, simak beberapa langkah mudah dan cepatnya berikut :

Langkah – Langkah Cara Pemasangan Wall Panel Mudah

Berikut beberapa cara pemasangan wall panel yang mudah tanpa menggunakan alat atau mesin. Namun sebelum melakukan pemasangan panel, ketahui beberapa tips and triknya, Simak berikut :

Tentukan Area yang Akan dipasang Wall Panel

Menentukan area yang akan dipasang tentunya menjadi langkah pertama yang harus disiapkan. Dimana area tersebut harus dalam kedaan kosong agar memudahkan terpasangnya wall panel dinding.

Selain itu, kamu perlu menentukan pola susun panel yang diinginkan, apakah membentuk pola vertikal ( tegak ) atau horistontal ( tidur), hal ini akan berpengaruhi pola pemasangan diarea yang diingkan.

Persiapkan Produk Wall Panel

Pada Awalnya, produk wall panel tersedia dengan bahan kayu saja, namun dengan meningkatnya teknologi, wall panel telah tersedia dengan bahan dan motif yang beragam.

Salah satu produk wall panel yang wajib dipilih, yaitu Wall panel WPC, selain memiliki ketahanan air dan kuat diarea outdor, wall panel ini memiliki beragam tekstur 3d yang dapat dipilih, sesuai selera dan konsep hunian kamu.

Jenis Jenis Produk Wall Panel

Kali ini admin akan membagikan bebrapa jenis wall panel dinding yang bisa di jadikan inspirasi buat agan agan semuanya.

Wall Panel 3 Dimensi

wall panel 3d

Dibuat dari bahan GRC dengan di cetak 3 dimensi, wall panel ini cocok untuk ruangan yang luas, untuk ruangan yang sempit di anjurkan pemasangannya hanya 1 per 6 ruangan, agar tidak memberikan kesan ruangan yang sempit.

Wall Panel decking kayu

Wall Panel Kayu

Terbuat dari Susunan Decking kayu Ulin, Sebelum di pasang buatlah pola terlebih dahulu, untuk memudahkan pemotongan bagian bagian untuk mengisi wall panel.

Wall Panel 3 dimensi Motif Lingkaran

Wall Panel motif lingkaran

Terbuat dari bahan GRC, dengan ukuran yang panjang panjang, panjang dan lebarnya menyerupai lispang, cocok penggunaanya untuk area outdoor,untuk melapisi dinding luar agar terlihat lebih exotis.

Wall Panel Kayu Tak beraturan

wall panel kayu jati

Wall Panel di atas di buat dari lempengan Lantai Kayu jati berbagai Ukuran. Tampilan kayu Jati yang exotic dengan Urat kayu yang tegas akan memberikan kesan mewah pada ruangan.

Harga Lantai Kayu yang Terpasang pada wall panel kayu tak beraturan beragam harganya, untuk ukuran yang paling kecil harganya 200rban per mete persegi, sementara untuk ukuran yang besar di 500rban permeter. anda tinggal membeli produknya dengan bermacam macam ukuran, sesuai dengan volume kebutuhan.

Wall Panel Kotak Bergaris

Wall panel Hexagonal

Sejatinnya wall Panel yang terpasang pada gambar adalah jenis wall panel GRC motif garis Ukuran 60cm x 60cm. Pemasangannya di buat Hexagonal, Terlinat ciamik bukan..!!!,

Baca Juga : Tren Lambersering Kayu Gantikan Wallpaper pada Dinding!

Produk Wall panel WPC dibanderol dengan Harga 170,000m-/batangnya, selain murah panel dinding inipun memiliki bobot produk yang ringan, sehingga pemasangannya lebih mudah dan cepat.

Ukur Luas Bidang Yang Akan Dikerjakan

Agar mengetahui perkiraan jumlah batang yang harus dibeli, kamu perlu menghitung luas dinding yang akan dikerjakan. Dimana, wall panel dijual dengan bentuk gulungan atau batangannya.

Setelah mengetahui luas dinding yang akan dilapisi, kamu pun dapat mengetahui berapa banyak gulungan atau batang wall panel yang diperlukan, dengan cara membagi luas dinding dengan luas produk panel.

Ukur Luas & Panjang Wall Panel untuk Memastikan Jumlah Kebutuhan

cara menghitung berapa banyak wall panel yang digunakan, tentunya caranya cukup mudah. Kamu harus mengetahui total ukuran dinding yang akan digunakan.

Sebagai contoh luas dinding berukuran 5m x 3 m, dan produk panel berukuran  tebal 2,5cm lebar 16cm panjang 295cm. Maka, jumlah luas dinding dibagi dengan jumlah produk. Maka hasilnya, merupakan produk yang harus kamu beli.

Jika, cara satu ini cukup sulit, maka langsung menanyakan kepada tukang yang menjualnya untuk memudahkan dalam pembelian jumlah panel dinding.

Sesuaikan Penempatan Atau Gambar Pola

Sebenarnya, fungsi utama dari penggunaan panel dinding sendiri sebagai aksesoris interior untuk memperindah tampilan dinding agar memiliki hasil yang lebih alami.

Namun dengan beragam desain hunian saat ini, wall panel banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti pelapis dinding, atap, partisi hingga untuk kebutuhan luar ruangan.

Baca Juga : Dinding Partisi Kayu: Tutorial Lengkap Cara Membuatnya!

Sehingga, kamu perlu menyesuaikan penempatan sebelum dipasang. Karena gambar pola 3d sangat bervariasi, dari bentuk batu, kayu, hingga marmer, maka pilih pola gambar sesuai dengan penempatan itu sendiri.

Tempel Wall Panel dengan Clip Atau Lem

Tahap Terakhir setelah mengetahui tips saat memasangkan wall panel, yakni memasangankan panel dinding itu sendiri, tentunya caranya sangat mudah hanya menggunakan sekrup dan lem saja.

Sambung panel satu dengan panel lainnya, dimana setiap panel sudah menggunakan sistem lidah yang memudahkan dalam menempelkan antara panel satu dengan yang lainnya.

pastikan, diding berada dikeadaan yang rata, karena jika dinding tidak rata, panel pun ikut tidak rata. Pasang panel dengan perlahan agar menghasilkan tampilan yang pas dan rapih untuk dinding hunian.

jadi, cara pemasangan wall panel, cuku mudah bukan?