gtag('config', 'UA-187001944-1');
dermaga

Jangan Salah Pilih, ini Kayu Terbaik untuk Dermaga

Salah satu hal yang paling sulit yang harus diperhatikan saat pembuatan dermaga Kapal baru ialah bahan material apa yang ingin anda gunakan nantinya.

Banyaknya material yang bisa digunakan untuk pembuatan tersebut, namun Bahan kayu merupakan material yang paling ideal untuk pembuatan dermaga.

Bagaimanapun, dermaga adalah bagian yang terpenting untuk jalan perpindahan anda dan para pengguna kapal menuju kapal untuk berlayar.

Tentunya dermaga harus mempunyai sistem keamanan dan material yang layak untuk keaman para pengguannya, maka dari itu kita tidak boleh sembarangan dalam pemilihan material tersebut.

Akan sangat fatal jika dermaga terbuat dari material yang mudah roboh dan lapuk, Mungkin banyak hal yang tidak diinginkan akan terjadi jika mengabaikan hal tersebut.

Kayu merupakan, material yang sudah sering digunakan untuk pembuatan dermaga, Hampir semua dermaga pastinya menggunakan kayu sebagai material utamanya, karena kayu merupakan material yang layak dan memiliki titik keras yang tidak ada bandingannya.

Walaupun tidak semua jenis kayu dapat digunakan untuk material dermaga, karena kayu memiliki titik kelembapan, kekerasan dan keawetan yang tidak setara, melainkan hal tersebut terbagi sesuai jenis kayunya itu sendiri.

Maka dari itu, kami disini akan memberikan beberapa informasi mengenai jenis kayu mana saja yang bisa Anda gunakan, untuk dermaga yang aman dan nyaman.

Ngomong-ngomong apakah Dermaga dan pelabuhan itu sama?Terkadang kita sering tertukar antara dermaga dan Pelabuhan, ada yang bilang dermaga merupakan pelabuhan dan sebaliknya ada yang bilang pelabuhan adalah dermaga

dari pada kita mensalah artikan 2 hal tersebut, alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu dermaga dan pelabuhan yang mendasar, berikut akan kami berikan informasinya.

Perbedaan Dermaga dan Pelabuhan yang mendasar

1. Penjelasan Mengenai Pelabuhan

Termpat ini terdiri dari daratan dan lautan yang memiliki batas yang ditentukan. Sering sekali kita tertukar mengenai dermaga dan pelabuhan, walupun fungsinya sama tapi tetap saja berbeda lho, Pelabuhan merupakan tempat berlabuh atau menepi sebuah kapal dan perahu.

Pelabuhan biasanya dipakai utuk mendukung kegiatan dibidang pemerintahan dan ekonomi yang besar. Seperti, tempat bongkar muatan, tempatn perpindahan intra dan juga tempat pergantian antara modal traportasi kapal. Atau lebih ringkasnya yaitu, segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas penyelenggaraan bersekala besar disebut pelabuhan.

2. Penjelasan Mengenai Dermaga

Jika tadi membahas mengenai pelabuhan yang merupakan tempat berbagai aktivitas dengan skala besar, tentunya dermaga merupakan kebalikan dari pelabuhan yang mana dermaga merupakan bagian dari pelabuhan yang berfungsi untuk area persandaran kapal kecil, jadi dermaga merupakan tempat tambatan kapal.


dermaga itu senndiri meliputi aktivitas dari Naik turun penumpang kapal, aktivitas bongkar muatan, dan sebagainya. jika di ibaratkan yaitu dermaga merupakan tempat parkir dari pelabuhan yang berskala kecil.

Perbandingan Dermaga dan pelabuhan

Setelah mencermati secara singkat penjelasan mengenai apa itu pelabuhan dermaga, pastinya anda sudah mengerti bukan perbedaan dari dua tempat tersebut? yaps, benar!

lebih ringkasnya yaitu, segala sesuatu yang berkaitan dengan aktivitas penyelenggaraan bersekala besar disebut pelabuhan, dan disisi lain dermaga merupakan area persandaran kapal dengan skala yang lebih kecil dibanding pelabuhan.

Tentunya akan sangat kurang jika kita membahas perbedaan dermaga dan pelabuhan tanpa mengetahui material terbaik apa yang digunakan dalam dermaga diatas. Pastinya Anda penasaran bukan? mengapa dermaga menggunakan Material kayu dan jenis kayu apa sih yang bagus untuk diterapkan di dermaga.

Dari pada kita memakan penasaran sampai lelah, lebih baik kita langsung saja bahas jenis kayu apa yang bagus untuk material dermaga agar Anda dapat mengetahuinya, berikut pembahasannya :

Jenis Kayu Terbaik untuk Dermaga yang Aman

Jenis kayu yang digunakan untuk dermaga, diharuskan memiliki tingkat keras dan tingkat awet yang tinggi. Karena dermaga akan sering terkena berbagai macam cuaca ekstream yang dimana dermaga akan terus terkena air dan panas yang menyengat.

Untuk itu, beberapa jenis kayu berikut merupakan kayu yang tepat dan sering digunakan untuk material dermaga, berikut pembahasannya :

1. Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan jenis kayu yang berasal dari kalimantan, jenis kayu ini terkenal dengan karakteristiknya yang kuat dan juga awet.

Tak heran jika kayu ulin sering digunakan untuk beberapa kebutuhan material yang berat, Biasanya kayu ulin sering dijadikan untuk bahan dasar jembatan, bahan perkapalan, batang yang lurus dan warna coklat kekuning gelap merupakan ciri utama dari kayu ulin.

Tidak Heran jika kayu jenis ini memiliki harga yang tinggi, namun itu semua tidak ada bandingannya jika kita memikirkan mengenai kualitas, dan tentunya ada harga ada kualitasnya juga bukan? Namun dengan Harga segitu, kayu jenis ini memiliki daya tahan yang panjang, bahkan diperkirakan kayu ulin dapat bertahan hingga ratusan tahun lamanya.

Baca juga : Mengenal Kayu Ulin Kalimantan secara rinci

Tidak hanya itu saja, lantai kayu ulin memiliki senyawa alami yang berfungsi anti jamur dan rayap, hal itu menjadikan Anda dapar lebih menghemat biaya untuk perawatan anti jamur dan rayap.

Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan dermaga saja, melainkan Anda masih dapat menggunakan jenis kayu ini sebagai material lantai kayu outdoor rumah Anda.

dengan menggunakan Material kayu jenis ulin, rumah Anda akan lebih kuat dan lebih indah , tidak heran jika kayu ini dikenal dengan kayu terbaik sedunia.

2. Kayu Merbau

Jenis kayu berikutnya yang tidak jauh berkualitas dari kayu ulin, jenis kayu satu ini bernama kayu merbau, yang merupakan jenis kayu yang bisa digunakan untuk material dermaga, karena kayu merbau memiliki spefikasi yang tinggi.

Memiliki warna merah dan serat yang lurus merupakan ciri khas dari kayu merbau, kayu merbau tu sendiri memiliki tingkat keras dan awet yang lumayan tinggi, yaitu dengan keras kelas I dan kelas awet I-II, jenis kayu in sudah sangat populer dikalangan pembuat dermaga dan lantai kayu hunian rumah.

Karakteristik dan warannya yang mejadikan kayu jenis ini sangat populer, karena dengan warna merah yang cantik membuat para pencari kayu untuk bahan material hunian dan dermaga pasti akan tertuju pada kayu merbau, apalagi jenis kayu merbau memiliki harga yang cukup terjangkau dari jenis kayu ulin.

Baca juga : Mengenal lantai kayu merbau lebih rinci

Tidak hanya itu, kayu merbau memiliki senyawa alami yang sama dengan kayu ulin, senyawa tersebut bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur dan tempat bersarangannya rayap. Hal itu membuat Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pencegahan jamur dan rayap.

3. Kayu bengkirai

Jeni kayu yang terakhir mungkin akan sedikit berbeda jika mengenai soal warna, jika tadi jenis ulin dan merbau memiliki warna yang lebih gelap. untuk kali ini, jenis kayu bengkirai memiliki warna yang lebih cerah yaitu berwarna kuning kecoklatan.

Jenis bengkirai merupakan jenis kayu yang tidak kalah saing dengan merbau dan ulin. Kerena kayu bengkirai memiliki tingkat keras dan awet yang cukup baik, yaitu memiliki tingkat keras kelas I-2 dan tingkat awet kelas I-II, yang kelas itu tidak terlalu jauh dengan bengkirai dan merbau.

Baca juga : Informasi lengkap mengenai kayu Bengkirai

Apalagi jenis kayu bengkirai memiliki harga yang terjangkau dan lebih murah dibanding merbau dan ulin, hal tersebut membuat Anda dapat menggunakan jenis kayu ini untuk material lantai kayu outdoor rumah Anda, karena kayu ini sangat cocok untuk material lantai outdoor karena akan memberikan nilai estetika yang indah, dan tidak akan membuat anda kecewa.

Jadi, sudah tahukah mengenai dermaga dan material kayu terbaik untuk dermaga? demikianlah, informasi yang bisa kami sampaikan mengenai dermaga dan jenis kayu terbaik untuk dermaga.

Terimakasih, telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati liburan Anda lalu tetap menataati protokol kesehatan covid 19, agar Anda terhindar dari segala penyakit yang membahayakan.

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda