karakteristik kayu mahoni

Ayo Jelajahi Lebih Dalam Tentang Kayu Mahoni

Kayu Mahoni – Merupakan salah satu jenis kayu yang tidak asing lagi bagi kita, terlebih dalam penggunaannya untuk material furniture. Kayu Mahoni ini habitatnya pada daerah tropis, kayu mahoni memang tidak sekuat kayu jati akan tetapi kualitasnya juga tetap unggul dan dianggap cocok menjadi pengganti jati sebab harganya lebih ekonomis.

Kayu Mahoni ini banyak ditemui di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Jenis kayu ini cukup populer dijadikan material furniture karena masa tanamnya yang sangat singkat dan juga harganya yang tidak terlalu mahal. Kayu mahoni ini juga memiliki tekstur yang lebih lunak dari kayu jenis lainnya sehingga mempermudah untuk dibentuk. Ingin tau lebih dalam mengenai kayu mahoni ? Yuk, langsung aja simak ya gan.

Asal Usul Dan Karakteristik Kayu Mahoni

Pohon mahoni bukanlah tumbuhan asli dari Indonesia, melainkan dari daerah Hindia Barat. Berbagai manfaat dapat diperoleh dari seluruh bagian tanaman ini, mulai dari batang, getah, biji, daun, serta jasa lingkungan yang diberikan. Oleh karena itu, tak heran jika mahoni menjadi salah satu pohon yang berpotensi untuk dibudidayakan.

Asal Dan Sebaran

Meski populer dan banyak tumbuh subur di wilayah Indonesia, ternyata pohon mahon bukan tumbuhan asli Indonesia. Mahoni berasal dari daerah Hindia Barat, yaitu kawasan di Samudera Atlantik Utara disekitar Florida, Karibia, Meksiko (Amerika Tengah), serta pantai itara Amerika Selatan.

Pohon penghasil kayu keras ini memiliki kualitas sedikit dibawah kayu jati ditinjau dari segi kekuatan, keawetan serta coraknya. Karena alasan tersebut, mahoni alternatif bagi para pengrajin furniture serta primadona kedua dalam perdagangan kayu.

Tumbuhan mahoni termasuk dalam keluarga Meliaceae yang meliputi 50 genera dan 550 jenis spesies tanaman kayu. Tanaman mahoni masuk ke Indonesia sekitar pada tahun 1872 melalui India. Kemudian berkembang pesat di Pulau Jawa sekitar tahun 1892 hingga 1902 dan berlanjut hingga saat ini menjadi salah satu pohon budidaya oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, mahoni juga tersebar di wilayah lain, seperti India, Sri Lanka, Malaysia, dan Fiji.

Status Kelangkaan

Pohon Mahoni tidak termasuk kedalam kategori spesies langka di Indonesia. Sedangkan IUCN Red List memasukkannya ke dalam kategori Vulnerable. Status populasi mahoni cenderung aman sebab banyak dibudidayakan untuk diambil manfaatnya. Selain itu, sifat mahoni yang mudah beradaptasi menjadikan keberlangsungan hidupnya terus terjamin.

Pohon mahoni tidak termasuk dalam kategori spesies langka di Indonesia. Sedangkan IUCN Red List memasukkannya ke dalam kategori Vulnerable. Status populasi mahoni cenderung aman karena banyak dibudidayakan untuk diambil manfaatnya. Selain itu, sifat mahoni yang mudah beradaptasi menjadikan keberlangsungan hidupnya terus terjamin.

Karakteristik Kayu Mahoni

Baca Juga: Jenis Lantai Kayu

Serat Kayu Menyerupai Jati

Kayu mahoni memiliki karakter serat kayu yang lurus, sangat mirip dengan kayu jati. Itulah sebabnya jenis kayu ini sangat cocok dijadikan sebagai pengganti jati. Serat lurus tersebut membuatnya mudah diolah dan dimodifikasikan menjadi beragam model tanpa mengurangi keindahannya.

Semakin Tua Maka Semakin Matang

Mahoni yang masih muda memiliki warna yang pucat sehingga warna tersebut kurang menarik untuk furniture atau kebutuhan lainnya. Namun, warna kayu tersebut akan semakin matang dan menarik ketika kayu semakin tua. Mahoni yang sudah berusia di atas 20 tahun memiliki warna merah hati yang menyolok. Warnanya tampak sangat natural sehingga tidak membutuhkan banyak polesan tambahan.

Jenis Finishing Beragam

Jika Anda ingin mempertahankan kesan warna mahoni yang kuat dan tajam, Anda bisa menggunakan bahan finishing yang terbuat dari water acrylic based. Bahan tersebut akan memperkuat tampilan asli mahoni tanpa sentuhan warna lainnya. Pilihlah tipe warna mahogany untuk menghasilkan tampilan alami terbaik. Anda bisa mengaplikasikannya pada kayu dengan cara dioles menggunakan ball, disemprot, atau dioles dengan kuas.

Kelebihan Dan Kekurangan Serta Pemanfaatannya

Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan dan juga pemanfaatan kayu mahoni, untuk lebih lanjut mari simak bersama.

Kelebihan kayu Mahoni

berikut ini kelebihan yang dimiliki kayu mahoni :

  • Kandungan minyak alaminya sangat rendah. Minyak alami pada bahan kayu dapat meninggalkan noda kekuningan pasca proses finishing. Hal ini sering terjadi pada kayu jati. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kayu mahoni yang benar-benar kering tak akan menimbulkan noda kekuningan.
  • Daya tahan penampang kayu sangat stabil. Mahoni tidak mudah mengalami penyusutan atau pemuaian selama puluhan tahun. Itulah sebabnya mahoni juga kerap digunakan untuk bahan pembuatan gitar.
  • Harganya lebih ekonomis dibandingkan kayu jati. Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mendapatkan kualitas furniture atau produk lainnya yang setara dengan kualitas jati.
  • Karakter serat kayu yang halus, lurus, dan beragam. Sehingga tampilan natural mahoni sudah terasa mewah untuk bahan dasar furniture.

Kekurangan Kayu Mahoni

Dimana ada kelebihan pasti akan ada kekurangan yang dimiliki, berikut merupakan kekurangan kayu mahoni :

  • Banyak tahapan yang dibutuhkan untuk menjaga kualitas mahoni. Karena bahan bakunya harus disimpan dengan benar, direndam dalam larutan anti serangga, di oven dalam waktu lama, dan finishing-nya pun butuh ketelitian tingkat tinggi.
  • Mahoni banyak diserang hama. Anda akan kesulitan menemukan mahoni berusia matang yang kualitasnya sangat baik. Kayu ini sudah bisa dipanen sejak usia empat hingga tujuh tahun. Namun, alangkah lebih baik kalau Anda mendapatkan mahoni yang berusia puluhan tahun.
  • Butuh proses yang sangat lama untuk mengeringkan mahoni. Karena mahoni yang benar-benar kering baru memiliki kualitas unggulan yang tak kalah dengan jati.

Manfaat Kayu Mahoni Untuk Furniture

Berikut ini merupakan beberapa jenis furniture yang terbuat dari kayu mahoni antara lain :

  • Lemari.
  • Kursi.
  • Meja Makan.
  • Tempat Tidur.
  • Dan Berbgai Jenis Rak.

Selain itu, kayu mahoni juga digunakan sebagai penutup lantai yaitu lantai kayu. Kayu unggulan ini memang istimewa dan memiliki banyak manfaat.

Baca Juga : Harga Lantai Kayu

Sekarang, Anda tentu tak ragu lagi memilih furniture berkualitas yang terbuat dari kayu mahoni. Interior rumah akan semakin sempurna dan menarik dengan sentuhan furniture mahoni sesuai selera Anda.

Sekian artikel yang dapat disajikan semoga berguna dan bermanfaat untuk anda.

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda