gtag('config', 'UA-187001944-1');
Kayu kumea

Kayu kumea, Begini karakteristik yang tidak kalah Unggul, simak artikel ini untuk informasinya!

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kayu merupakan material unggulan yang jadi primadona para tukang untuk pembuatan interior atau furniture, tidak heran jika kayu semakin hari semakin menipis pertumbuhannya dan bahkan sampai ada yang sudah ditetapkan sebagai kayu Langka.

Tapi, tahukah Anda dengan jenis kayu Kumea? Mungkin kayu kumea jarang atau belum sepopuler Kayu jati atau kayu Merbau dan sebagainya. Namun, kayu kumea memiliki karakteristik yang tidak kalah unggul lho, Penasaran bagaimana karkateristik dan Bentuknya? yuk langsung kita simak penjelasan berikut ini :

Begini Karakateristik dan Manfaat dari Kayu Kumea

Pohon kumea atau nama lain kayu kumea (Manilkara merrilliana H.J.L) merupakan pohon yang memiliki kayu berwarna coklat kemerahan, kayu jenis ini hampir sama warnannya dengan Kayu merbau namun, Kayu kumea dapat dibedakan dengan gubal kayunya yang berwarna coklat muda kemerahan.

Gubal Adalah bagian dari kayu yang terdapat antara kulit pohon dengan kayu keras, pada umumnya gubal kayu lebih terang dibanding kayu keras ( inti ) Gubal dari kayu kumea memiliki lebar yang mencapai ukuran 3,4 cm dengan proporsi kayu terasnya hanya mencapai 50% saja berdasarkan Volume dari pohonnya.

Rendahnya presentase dari kayu teras kumea mungkin disebabkan oleh pohon ditebang dalam usia pertumbuhan yang cepat.

Serat dari kayu kumea umumnya terlihat padat namun mudah retak, sehingga ketika dalam proses pengeringan melalui oven, para ahli tukang harus benar hati-hati dalam proses tersebut. Kayu kumea mempunyai berat jenis yang hampir tinggi dan bahkan mirip dengan kayu merbau.

Manfaat yang dihasilkan dari Kayu Kumea

Berbicara mengenai manfaat yang dihasilkan dari kayu kumea, mungkin hampir mirip dengan jenis kayu lainnnya, biasanya kayu kumea digunakan untuk beberapa kebutuhan bangunan seperti tiang rumah atau semacam lainnya.

Kayu kumea juga sering digunakan untuk beberapa material interior rumah, seperti digunakan untuk material lantai outdoor ( Decking ) atau lantai rumah lainnya.

Karena, hampir sama dengan kayu merbau. kayu kumea memiliki tingkat keras yang tinggi dan Warna unik yang dapat memanjakan bagi para penghuni rumah dalam pemasangan lantai rumahnya.

Keunggulan dari kayu kumea

seperti yang sudah dikatakan bahwa keuntungan jika Anda menggunakan kayu kumea yaitu, kayu kumea memiliki tingkat kuat yang tinggi dan tingkat awet kayu yang cukup lama, karena kayu kumea tergolong ke dalam kelas kuat kelas I-II dan kelas awet kelas II.

Tidak hanya itu saja, karena kayu kumea memiliki senyawa aktif yang berfungsi untuk menjauhkan dari gangguan rayap dan bahkan dapat menangkal jamur.

Dengan itu, kayu kumea bisa digunakan untuk pembuatan lantai kayu outdoor, jadi kalau Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu menggunakan lantai outdoor kayu Kumea.

Karakteristik dari Lantai Kayu Kumea

Seperti yang sudah dibahas dari awal, kayu kumea dapat digunakan untuk lantai kayu outdoor. Walaupun kayu kumea tidak seterkenal kayu jati, tapi lantai kayu kumea juga dapat memberikan kesan mewah dan hangat lho, bahkan kayu kumea bisa bersaing dengan Kayu jati dan merbau. Karena karakteristik kayu kumea yang sangat bisa diunggulkan.

untuk itu, jika Anda ingin memiliki lantai rumah yang terbuat dari kayu solid, Kayu kumea dapat menjadi alternatif Anda selain Kayu Jati dan merbau untuk material lantainnya.

Harga Lantai Kayu Kumea

Perkiraan harga dari lantai kayu Outdoor ( Decking ) kayu kumea berskisar harga Rp. 295.00/m2 yang memiliki ketebalan 1cm, lebar 7 cm hingga panjang 70 – 210 cm. tentunya harga tersebut belum termasuk keadalam biaya pemasangan lantainya.

untuk mengetahui harga lantai kayu lainnya dan detail produk kayu solid, Anda bisa langsung menuju artikel informasi harga.

Baca juga : Informasi harga detail lantai kayu terbaru

Setelah Anda membaca dan mengenali mengenai lantai kayu kumea, pastinya Anda penasaran kan, memang Apa saja sih Perbedaan kayu kumea dengan kayu merbau? kenapa harus dibahas – bahas. memangnya perbedaannya apa sih? untuk itu, yuk kita simak informasi singkat perbedaan dari Kayu kumea dan Merbau

Perbedaan Singkat Kayu Kumea dan Kayu Merbau

Mungkin, persamaan dari kayu merbau dan kumea sangatlah signifikan, namun kayu kumea dan kayu merbau memiliki perbedaan juga lho, begini perbedaannya :

Serat Kayu Merbau dan Kumea Berbeda

Sudah kita ketahui bahwa kayu merbau memiliki serat yang berbeda dengan kayu lainnya, pasalnya kayu merbau memiliki serat lurus yang mebentang, namun jika disamakan dengan kayu kumea, mungkin kayu merbau dan kumea memiliki warna kayu yang hampir sama bahkan terbilang cukup mirip.

Baca juga : Mengenal lebih kayu Merbau

Tingkat keras Berbeda

Perbedaan terakhir yaitu, kayu merbau memiliki tingkat keras yang lebih tinggi dari kayu kumea, namun tidak usah khawatir karena perbedaan tersebut tidak terlalu jauh dan bahkan yang menjadi keuntungan untuk Anda jika menggunakan kayu kumea iala, kayu kumea memiliki harga yang lebih terjangkau.

Jadi, sudah paham apa itu kayu kumea dan perbedaan dari kayu kumea dan kayu merbau?

Untuk itu, Anda bisa mengganti atau menjadikan kayu kumea menjadi alternatif anda untuk mterial lantai kayu outdoor ( decking ) walaupun Harga yang terjangkau tapi Kayu kumea tidak kalah saing dengan kayu lainnya.

Untuk itu, yuk segera kenali dan pasang lantai kayu kumea. Demikian informasi mengenai kayu kumea dan terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan Selamat menikmati Hunian baru dengan Kayu Berkualitas.

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda