lantai kayu murah

Serba-Serbi Kayu Merbau, Dari Karakteristik Hingga Produknya

Kayu Merbau – Rumah yang berkualitas, terbuat dari material interiornya yang berkualitas juga, jika seseorang ingin memiliki tempat hunian yang nyaman dan aman, pastinya harus extra memikirkan material apa saja yang bisa digunakan untuk Rumah Hunian

Jangan sampai, sang pemilik hunian tidak melihat kualitas material terlebih dahulu, mungkin akan sangat fatal jika membiarkan hal tersebut, beberapa material yang harus dipikirkan mungkin cukup banyak dan tidak bisa ditentukan hari itu juga, interior tersebut seperti Lantai rumah.

kayu merbau

Banyaknya produk lantai membuat Anda atau sang pemilik hunian sibuk dengan mempertimbangkan jenis lantai apa yang cocok dan tepat.

Lantai kayu merupakan material lantai yang menjadi alternatif pada saat ini, dengan tingkat keras dan awet yang merupakan faktor utama, mengapa lantai kayu menjadi material alternatif.

Jenis kayu yang digunakannya pun tidak boleh sembarang, banyaknya jenis kayu yang bisa Anda gunakan untuk material lantai yang aman dan nyaman, seperti Kayu Merbau.

Merbau merupakan kayu keras yang memiliki kualitas yang sangat baik serta awet, kayu ini bisa digunakan untuk lantai kayu dan juga bisa digunakan untuk kontruksi.

kayu merbau

Merbau atau juga disebut kayu ipil merupakan kayu yang memiliki tingkat kekerasan serta keawetan yang cukup baik. Oleh karena itu Kayu ini sudah menjadi langganan furniture karena kualitasnya yang cukup baik.

Kayu Merbau mampu tahan terhadap rayap,karena kelebihannya Kayu ini cocok untuk furniture rumah. untuk itu, lebih baiknya kita mengenal jenis kayu untuk material lantai satu ini, yuk simak berikut ini :

Karakteristik dan keunggulan Kayu Merbau

Tingkat Kekerasan Merbau Kayu

Kayu Merbau memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi selain itu, kayu ini juga tergolong kayu solid sehingga sangat cocok untuk digunakan berbagai macam keperluan, mulai dari bahan pembuatan kontruksi rumah, material untuk membuat kusen, jendela, lantai parket, bahkan pembuatan tiang.

kayu merbau

Bukan hanya itu saja, banyak pula yang memanfaatkan merbau sebagai material pembuatan furniture seperti: meja, kursi, dan masih banyak lagi. Selain itu dekorasi dan ukirannya dibuat mengkilap dengan finishing yang baik maka akan nampak lebih terkesan mahal.

Harga Lebih Ekonomis

Harga Kayu Merbau ini lebih ekonomis daripada kayu jati, jadi sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan furniture. Tapi anda akan tetap hemat budget.

Bahkan, harga murah tersebut pun akan mempengaruhi anggaran yang anda keluarkan secara keseluruhan jadi lebih sedikit sewaktu membuat furniture atau membangun rumah.

Warna, Serat, Dan Tekstur

kayu merbau
  • Warna dari Kayu merbau ini coklat kemerahan.
  • kayu ini mempunyai ciri khas serat yang melintang lurus.
  • Teksturnya yang kasar tetapi, jika diraba akan terasa halus.
  • Memiliki tingkat kekerasan yang bagus.
  • Memiliki gubal/teras kayu yang berwarna kuning kecoklatan atau kuning terang.
  • Memiliki inti kayu coklat kemerahan.

Karena memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, kayu ini cukup sulit untuk diproses namun meskipun begitu, para pengrajin dan produsen barang yang berbahan dasar kayu tetap menggunakannya mengingat kualitas dan juga harga jual kayu merbau ini yang cocok untuk perdagangan.

Mengetahui Asal Usul Kayu Merbau

Jenis kayu keras yang satu ini dihasilkan dari pohon bernama ipil atau merbau oleh karena itu dinamakan kayu merbau. Masyarakat Papua Barat dan Maluku banyak yang menjuluki Merbau sebagai kayu besi.

Karena Kayu ini adalah jenis yang sangat kuat.

kayu merbau

Pohon Merbau sendiri tumbuh di berbagai negara. Penyebaran tanaman ini antara lain ada di negara-negara Afrika seperti Tanzania dan Madagaskar, sedangkan di negara-negara Asia tumbuh di Myanmar, Malaysia, India, Indonesia,

dan bahkan sampai ke benua Australia India, Myanmar, Malaysia, Indonesia, hingga ke benua Australia. Sementara kayu merbau di Indonesia banyak tumbuh di luar Pulau Jawa.

Baca artikel populer serupa:
Mengenal ‘Kayu Sengon’ Dengan Jenis-jenis & Harganya

Penyebaran pohon Merbau di Indonesia yaitu terletak di Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur dan Jawa. Pohon Merbau sendiri biasanya banyak tumbuh pada dataran rendah terlebih pada area dekat pantai.

Mengenal Manfaat Kayu Merbau

Pemanfaatan Kayu Merbau sangat banyak diantaranya yaitu untuk Lantai,untuk konstruksi yang berat, misalnya digunakan untuk balok-balok, tiang, dan bantalan untuk rumah maupun jembatan.

Selain itu Merbau juga dapat dimanfaatkan untuk furniture karena sifatnya yang keras. mengapa Kayu jenis ini banyak digunakan?

Karena Merbau kualitasnya yang sangat bagus serta terbaik di Indonesia sebabnya Kayu Merbau selalu menjadi pilihan terbaik.

Bisa Digunakan untuk Bahan Pembuatan Kusen

furnitur kayu merbau

Kayu Merbau sering dimanfaatkan juga untuk membuat kusen seperti pintu, jendela, dan lainnya, karena kualitasnya kuat dan jug abagus untuk dijadikan sebagai kusen karena kualitasnya yang kuat dan awet serta tahan lama.

Bisa digunakan untuk Tiang dan Bantalan Rumah

Tidak hanya untuk bahan kusen dan lantai parket saja, Kayu Merbau pun sering digunakan untuk tiang maupun bantalan rumah. Mengapa menggunakan Kayu jenis Merbau?

Karena sifat Merbau yang keras serta awet makannya banyak orang yang memakai Kayu ini sebagai bahan kontruksi.

Bisa digunakan untuk Bahan Material Rumah

Kayu merbau sering digunakan beberapa baha material rumah yang sudah sangat populer pada saat ini, material tersebut berupa Lantai Kayu indoor, Lantai Kayu Outdoor, Lambersering, Plafon, Papan tangga.

Mungkin material interior satu ini cukup populer dikalangan kontruksi.

Karena merbau memiliki keunggulan dan warna yang khas yang membuat material satu ini sangat unik dan menjadi populer, Tingkat keras dan awetnyapun menjadi salah satu alasan mengapa masyarakt indonesia lebih menyukai jenis kayu satu ini.

Dengan itu, Kami menyarankan Anda untuk menggunakan material kayu jenis merbau sebagai material utama.

produk kayu merbau

Kali ini, kami akan memberikan beberapa penjelasan lebih rinci mengenai Jenis produk interior yang bisa Anda gunakan, untuk itu, siapkan budget dan catat interior mana yang akan Anda gunakan dengan Material kayu jenis merbau, berikut informasinya :

Beberapa Produk Unggulan Kayu Merbau

Produk yang akan kami jelaskan, merupakan produk unggulan dengan kualitas yang sudah terjamin, karena sekitar 500 lebih sudah memesan dan mempercayai jenis kayu merbau sebagai material Interiornya.

Lantai Indoor

Sudah pernah melihat material lantai kayu berwarna merah kecoklatan dan memiliki serat yang lurus cantik? jika sudah, bisa jadi itu adalah jenis lantai kayu merbau.

Seperti gambar dibawah, produk merbau membuat hunian menjadi lebih unik dan cantik, apapun yang menggunakan jenis kayu ini mungkin akan lebih cantik.

kayu merbau

Kenyamannan dari kayu merbau merupakan keunggulan dari produk satu ini, karena sudah banyaknya masyarakat menggunakan material lantai indoornya dengan menggunakan jenis kayu merbau.

Akan sangat bahagianya jika Anda sendiri menggunakan jenis kayu satu ini.

Baca juga:
Harga Produk Lantai Dari Kayu Merbau dan Cara Pemesanan

Tidak hanya untuk lantai kayu Indoor saja melainkan Anda bisa menggunakannya sebagai material lantai kayu outdoor ( decking ) Seperti kayu ulin, jenis merbau memiliki kualitas keras dan Awet yang tinggi.

Lantai Outdoor Kayu Merbau

Produk unggulan selanjutnya adlaah lantai kayu outdoor, seperti yang sudah kita ketahui bahwa Kayu merbau memiliki ketahanan dan sisi keras yang tinggi, yang membuat jenis kayu satu ini sangat cocok jika digunakan untuk lantai kayu outdoor.

kayu merbau

Dari segi kualitasnya sangat baik, apalagi dari segi warnanya. mungkin Anda dapat melihat area outdoo anda lebih rapih dan cantik dengan cara menggunakan Lantia kayu outdoor jenis kayu merbau.

Hal yang paling penting dari lantai kayu outdoor adalah tidak boleh licin, dan sangat tepat jika menggunakan kayu merbau karena tidak memiliki minyak yang mengakibrkan lantai outdoor menjadil licin.

Baca Juga : Sudah tahu Ada kayu Palsu? simak perbedaannya

Papan Tangga Kayu Merbau

Tidak disangka, jika jenis kayu ini memiliki fungsi yang menarik, yaitu dapat digunakan untuk papan tangga kayu merabu.

Karena jika digunakan untnuk lantai kayu outdoor saja bisa, pastinya untuk dijadikan Papan tanggapun sangat tepat dan aman untuk dipergunakan.

kayu merbau

untuk itu Anda tidak perlu khawatir dengan menggunakan material kayu merbau satu ini, karena kualitas dan kuantitas akan kami jamin untuk menginkatkan nilai estetika dan keaman dari Rumah hunian Anda.

Beberapa rangkuman Keunggulan jika Anda gunakan Material jenis kayu merbau. berikut uraiannya :

Keunggulan Jika menggunakan Produk Kayu Merbau

  • Tidak memiliki minyak
  • Anti jamur dan Rayap
  • Memiliki warna yang unik dan berbeda
  • Tidak licin digunakan dilantai
  • tahan Lama
  • memiliki harga yang terjangkau
  • Kuat dan Keras
  • Tidak mudah Lapuk bahkan hingga puluhan tahun

Demikian lah pembahasan mengenai jenis kayu merbau dengan informasi mengenai karkateristik dan Produk unggulan yang bisa Anda gunakan untuk Hunian terbaik Anda.

Terimakasih telah membaca artikel hari ini, sehat selalu dan sellau menaati protokol kesehatan Covid-19 agar Anda aman dari bahanya covid.

Selamat menikmati hunian terbaik. dengan Material Kayu berkualitas.