Lantai Ruang Tamu

5 Ide Desain Lantai Ruang Tamu Terbaik Dengan Tips Menarik!

Memilih jenis lantai ruang tamu yang praktis dan indah dapat menyingkirkan masalah dalam pembersihan yang sulit, dan membuat ruang yang nyaman untuk tamu yang datang kerumah.

Lantai tidak hanya menghabiskan sebagaian besar anggaran pembangunan rumah, akan tetapi lantai juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari bangunan yang sedang dibangun.

Artikel Menarik: Tampak Sama! Bandingkan Lantai Vinyl & Parket Disini

Untuk itu, penting dalam menentukan kenyamanan, keamanan, meneliti jenis lantai yang cocok untuk ruang tamu, dan bagaimana jenis lantai tersebut dapat beradaptasi dengan desain keseluruhan ruangan yang akan membuat perubahan besar dalam konsep yang dibangun.

Berikut ini beberapa material dan tips untuk menentukan jenis lantai ruang tamu yang tepat untuk anda pilih:

Perhatikan Ini Sebelum Memilih Lantai Ruang Tamu yang Tepat!

Lantai Ruang Tamu

Pada dasarnya, ada banyak sekali pilihan jenis lantai yang dapat anda temukan dipasaran. Dari mulai material, jenis, warna, motif, ukuran, pola bentuk hingga harga menjadikan opsi yang membingungkan untuk anda pilih.

Untuk mengatasi kebingungan tersebut, langkah yang harus anda lakukan adalah memperkecil opsi lantai yang dapat membuat keputusan akhir lebih mudah.

Caranya adalah dengan mulai mencari ide atau gaya (juga dengan menentukan anggaran), pertimbangkan untuk apa ruangan itu paling sering digunakan.

Apakah sepatu dilepas untuk memasuki ruangan dan hanya menonton tv, atau ruangan tersebut menjadi tempat minum kopi, berkumpul dengan teman-teman?

Apakah anda ingin suasana yang gelap dan nyaman dimana lantai vinyl dapat menjadi pilihan terbaik, atau anda menginginkan ruangan yang terang dan cerah menggunakan jenis lantai kayu berwarna cerah dan lembut?

Cobalah untuk membuat daftar keinginan dalam sebuah catatan agar anga dapat memperkecil opsi lantai dengan mudah.

1. Karpet Lantai Ruang Tamu Menjadi Favorit Dari Sejak Lama

Lantai Ruang Tamu

Karpet merupakan jenis lantai ruang tamu yang telah menjadi favorit banyak orang dalam waktu yang lama, bahkan sampai saat ini karpet masih menjadi bagian lantai ruang tamu yang membuat kesan nyaman dan hangat pada ruangan.

Karpet juga dapat meredam suara atau kebisingan pada langkah kaki yang berjalan diatasnya, dengan begitu seseorang atau tamu dapat merasa nyaman dan rileks ketika mengobrol santai atau menikmati secangkir kopi yang disajikan penghuni.

Artikel Terkait: 5 Cara Memilih Jenis Karpet Yang Tepat Untuk Rumah

Namun, yang harus anda pertimbangkan adalah pembersihannya yang bisa dibilang tidak mudah. Apalagi jika rumah tersebut memiliki hewan peliharaan atau anak kecil didalamnya, resiko bulu hewan atau bercak noda dari anak kecil akan menjadi sangat sulit dibersihkan pada permukaan karpet.

2. Lantai Vinyl mulai Mendominasi

Lantai Ruang Tamu

Saat ini lantai vinyl atau lantai LVT mulai mendominasi hunian-hunian di perkotaan, dengan harga yang terjangkau dan ideal untuk semua gaya ruang tamu yang berbeda, lantai vinyl menjadi pilihan terbaik untuk saat ini.

Vinyl memiliki permukaan yang lembut karena terbuat dari beberapa lapisan pendukung yang membuat lantai ini elastis namun tetap kuat.

Selain itu, tampilan dari lantai vinyl juga sering menjadi pertimbangan yang membuahkan hasil, warna atau motif yang beragam dan terlihat seperti asli membuatnya semakin bergaya untuk sebuah ruang tamu. Biasanya lantai vinyl atau LVT memiliki tampilan yang menyerupai kayu, batu alam, atau keramik mewah.

Baca Juga: Apa itu Lantai Vinyl? Kenali Struktur & 3 Jenis Produknya

Lantai vinyl juga dapat meredam suara karena memiliki lapisan lembut pada permukaan bawahnya, dan juga akan membuat alas kaki hangat ketika berjalan diatasnya, untuk urusan ini vinyl akan sangat cocok sebagai lantai ruang tamu.

3. Sama Ratakan Semua Ruangan Dengan Jenis Lantai Yang Sama

Lantai Ruang Tamu

Saat anda membuat konsep desain pada ruang tamu, ruang makan, hingga dapur, coba gunakan jens lantai yang sama diseluruh ruangan. Dengan begitu lantai akan menciptakan kesatuan dan kesan simple pada interior.

Dalam desain kali ini, lantai kayu laminate dapat menjadi alternatif yang baik untuk dipasang pada seluruh ruangan dengan pematas ruangan dan pintu kaca yang elegan.

Jenis lantai kayu laminate ini juga mudah dibersihkan dan memiliki kualitas yang hampir sama dengan lantai vinyl, yaitu tahan percikan air, permukaan yang lembut dan hangat, dan bahkan permukaan lebih nyata daripada vinyl lantai.

4. Coba Untuk Memadukan Lantai Ruang Tamu

Lantai Ruang Tamu

Memadukan merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan karena dapat membuat perubahan yang membuat terkejut, entah itu menjadi sangat lebih baik atau bahkan lebih buruk.

Cobalah untuk menggunakan jenis lantai yang praktis dan mewah dengan lantai kayu solid sebagai dasar atau lantai utamanya, dan padukan karpet lantai diatasnya tanpa menutupi semua area ruangan (posisikan tepat ditengah kursi atau sofa yang melingkar atau dibawah meja).

Artikel Terkait: Memilih Jenis Lantai Terbaik: Karpet Vs Vinyl Flooring

Dengan memadukan kedua jenis lantai dapat meningkatkan kenyamanan terutama untuk kehangatan pada ruangan. Hal tersebut juga dapat membuat pembersihan lebih mudah dilakukan, karena peletakan karpet yang sementara.

5. Renovasi Lantai Ruang Tamu Lama Anda

Lantai Ruang Tamu

Jika sebelumnya ruang tamu menggunakan lantai kayu, anda tetap dapat merenovasinya dengan mudah dan akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Merenovasinya dapat mempertahankan karakter yang memang sedari awal sudah dibangun, dan itu menjadi langkah mudah yang dapat anda lakukan sendiri dengan biaya yang minim.

Atau jika dirasa tidak memiliki keahlian yang cukup, dapat menyewa jasa perbaikan lantai kayu profesional yang dapat menjamin kualitas akhir pengerjaan mereka.

Jika anda bosan dengan tampilan lama, dapat merubahnya dengan cat khusus lantai kayu. Atau mungkin menambahkan karpet yang sesuai keinginan anda.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan Benar!

***

Demikian beberapa informasi yang dapat kami kumpulkan untuk menginspirasi anda dalam menentukan jenis lantai ruang tamu yang tepat. Semoga dapat menemukan jenis lantai terbaik setelah ini dan terimakasih telah berkunjung!

Untuk informasi produk lantai kayu, vinyl, laminate, decking atau jenis furnitur kayu lainnya untuk interior rumah anda dapat mengunjungi toko kami dengan alamat yang telah disediakan atau berkonsultasi dengan marketing terbaik kami disini 0811-240-377