kayu sonokeling

Kayu Sonokeling, serupa dengan Jati namun lebih menawan!

jika Anda mengenal kayu jati memiliki tingkat keistimewaan yang tinggi? eits.. tunggu dulu, karena ada jenis kayu yang serupa dengan kayu Jati namun lebih menawan lohh. Percaya? tidak percaya? baiklah, kami akan memberikan informasi mengenai jenis kayu satu ini. Kayu tersebut bernama Sonokeling.

Di jaman sekarang sudah banyak jenis kayu yang bisa dijadikan material interior rumah, namun kebanyakan jenis kayu memiliki warna coklat yang cerah, pasti akan bosan jika jenis kayu terus terusan berwarna seperti itu, namun Anda jangan khawatir karena ada loh jenis kayu yang memiliki warna yang berbeda.

Contohnya seperti Kayu merbau dan yang paling keren adalah Kayu Sonokeling. Tapi apakah Anda tahu bagaimana karaktersitik dari Kayu sonokeling? begini pembasahannya.

Mengenal lebih dalam Apa itu Kayu Sonokeling

picture by google

Apakah Anda pernah mendengar dan mencari apa itu kayu sonokeling? Apabila belum, tentunya kami akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Karena pada dasarnya diIndonesia memiliki beberapa jenis pohon dan kayu terbaik, namun sedkitnya informasi yang belum banyak ditemukan.

Baca juga : Lantai Kayu untuk Lapangan Basket

Kayu Sonokeling merupakan kayu yang belum populer di Indonesia, melainkan jati yang menjadi primadona masyarakat indonesia. Kayu sonokeling itu sendiri merupaka kayu yang memiliki keunikan yang tinggi dibanding jenis kayu lainnya.

picture by google

Keunikan keunikan yang dihasilkan dari kayu sonokeling yaitu terletak pada corak dan motif yang dimilikinya, seperti yang kita ketahui bahwa kayu kebanyakan memiliki warna coklat cerah bukan? berbeda dengan kayu sonokeling yang memiliki warna gelap dan bahkan bisa disebut hitam pada permukaannya.

Dengan memiliki serat yang hampir sama dengan Kayu jati, ini salah satu keunggulan jika Anda ingin memiliki lantai kayu seperti jati namun ingin berbeda warna dasar, mungkin kayu sonokelinglah jawabnnya.

Fakta unik dari Kayu Sonokeling

kayu sonokeling termasuk kedalam kayu keras, karena sonokeling memiliki berat jenis sebesa 0,77-0,86 dengan kadar air kurang lebih 15%. Tekstur dari kayu sonokoling tersebut sangat indah dan nampak sangat mewah, karena inilah yang membuat kay sonokeling sedikit demi sedikit menjadi lebih populer.

Jika Anda perhatikan kayu soonkeling terbilang memilki serat yang cenderung lurus meski ada yang bergelombang, warna sonoeling sangat unuk, yakni berwarna hitam keunguan, sementara bagian pinggirnya berwarna putih kekuningnan.

Didaerah jawa, yaitu daerah asalnya sonokeling sering disebut dengan sonobrit atau sonosungu, dan pohonya memiliki nama latin Dalbergia latifolia roxb yang bisa tumbuh tinggi, setinggi 20 hingga 40 meter.

Ini dia Kelebihan dari Kayu Sonokeling

Tahukah Anda bahwa sonokeling memiliki keunggulan, antara lain kayu sonokeling memiliki ketahanan yang setara dengan kayu jati, namun harga dari kayu sonokeling lebih murah dibanding dengan kayu jati, sehingga bisa jadi alternatif Anda yang memiliki budget yang minim.

Kayu sonokeling Juga memiliki tekstur yang halus dan mudah dibentuk, jadi Anda tidak susah payah untuk mengamplasnya terlebih dahulu, karena dengan pengalamplassan yang sebentar, kayu tersebut sudah menjadi halus.

ilustrasi anti jamur

tidak hanya itu, kayu sonokeling memiliki kandungan alami yang bertujuan untuk menjadikan kayu tersebut anti jamur, yang dapat menyebabkan pembusukan, dan yang kerennya lagi kayu sonokeling terbilang kayu yang anti dengan rayap, tanpa perlu diolah menggunakan obat-obatan apapun.

Namun pasti ada kelebihan dan Kelemahan dari sebuah produk bukan? seperti kayu sonokeling yang memiliki beberapa Kelemahan yang harus Anda ketahui juga. Berikut penjelasan:

Kelemahan Kayu Sonokeling yang Anda harus tahu

sekalipun kayu sonokeling memiliki kekurangan, namun ini berkaitan dengan selera karena kekurangan dari kayu sonokeling yaitu memiliki warna yang cenderung gelap.

kekurangan tersebut di lansir dari beberapa masyarakat tidak menyukai kayu gelap, namun lebih memilih warna yang lebih terang dan nampak natural misalnya saja seperti kayu jati,merbau dan sebagainya.

kelemahan selanjutnya yaitu kayu sonokeling memiliki warna grade atau perbedaan pada kayu, karena kayu sonokeling tidak rata berwarna hitam melainkan memiliki beberapa bagian yang putih, dimana bagian tersebut tidak sebagus bagian hiitam, dan untuk warna putihnya harus di berikan bahan anti rayap untuk memanimalisir warna putih termakan oleh rayap.

Terlebih kayu ini tidak diberi finishing dan akan tetap berwarna hitam sesuai dasarnya, namun jika Anda memiliki selera yang tinggi, mungkin kayu sonokeling bisa Anda gunakan!

Beberapa kegunaan yang dibuat dari kayu sonokeling

Banyak digunakan untuk bahan pembuatan Perabot

Beberap perbabot yang terkenal hari ini mungkin sebagian terbuat dari kayu sonokeling, misalnya lemari, kursi, meja hingga peralatan memasak lainnya.

Namun, anda bisa menggunakan material kayu sonokeling sebagai interior rumah, seperti lantai kayu lohh,, akan tetapi hal ini perlu diimbangin dengan pencahayaan yang baik, agar serat dari kayu sonokeling dapat terlihat dengan baik.

Baca juga : Daftar Harga Jual Lantai Kayu bahan kayu jati dan Merbau

Dan ingat, material sonokeling sangat aman utuk digunakan sebagai apapun, karena aman dan tidak mengandung bahan pengawet.

Beberapa orang memnafaatkan kayu sonokeling untuk Material Lantai

Mungkin, jika Anda sering melihat lantai kayu dengan warna cerah yang alami akan terlihat aneh jika lantai kayu berwarna hitam dan seperti itu, tapi Anda harus tahu bahwa lantai kayu sonokeling memiliki tingkat awet yang keras yang tinggi, dan juga kayu sonokeling memiliki warna yang berbeda, karena berani beda itu lebih keren.

jadi, Apakah Anda akan menggunakan Lantai kayu sonokeling?

Terimakasih, telah membaca artikel ini hingga tuntas, dan selamat menikmati Hunian terbaik dengan Lantai kayu terbaik di Gudang Parquet Indonesia!

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda