Mengenal Lantai Kayu Serta Kekuatannya

LANTAI KAYU– Secara Garis Besar Lantai Kayu terbagi dalam 2 jenis yaitu Lantai Kayu asli dan lantai Kayu sintetis. sebelum menggunakan Lantai kayu baiknya kenali terlebih dahulu jenis Lantai kayu yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda. Kalau penggunaan Lantai kayu hanya di gunakan dalam beberapa tahun saja, baiknya gunakan jenis Lantai Kayu sintetis, tapi apabila penggunaan Lantai Kayu dalam Jangka waktu yang lama di atas lima tahun, penggunaan lantai kayu asli yang anda butuhkan.

lantai kayu

KEKUATAN DAN TINGKAT AWET LANTAI KAYU

Tiap Jenis Lantai Kayu memiliki kekuatan dan tingkat awet yang berbeda beda.

LANTAI KAYU SOLID/LANTAI KAYU ASLI, memiliki tingkat kekuatan dan keawetan terbaik, lantai kayu dari bahan kayu asli biasanya menggunakan jenis kayu kelas keras kelas I dan II, dan tingkat awet kelas I dan II. penggunaan lantai kayu asli bisa di gunakan dalam jangka waktu yang sangat lama,bahkan lantai kayu dari bahan kayu jati dan kayu merbau penggunaannya bisa seumur hidup.

LANTAI KAYU SINTETISTingkat keawetan dan kekerasan lantai kayu sintetis, di tentukan oleh pabrik yang memproduksi lantai kayu tersebut. Secara garis besar, tingkat kekerasan , kekuatan , dan daya tahan gores di kelompokan dalam beberapa kelompok. saat ini yang yang terbaik memiliki ketahanan, dan keawetan yang baik adalan Lantai Kayu lamianted AC 4, kekuatannya bisa di atas lima tahun,

KERUSAKAN YANG SERING TERJADI PADA LANTAI KAYU

KERUSAKAN PADA LANTAI KAYU

Dalam penggunaan Lantai kayu, perlu di ketahui tingkat kerusakan yang terjadi, kerusakan yang terjadi biasanya di akibatkan oleh Goresan bekas pintu,kaki meja saat di tarik, alas kaki yang terdapat  kerikil tajam. Kerusakan Yang terjadi pada lantai kayu solid lebih mudah di tangani dengan cara di revinish, namun kerusakan yang terjadi pada lantai kayu sintetis apabila tingkat kerusakannya hanya goresan kecil bisa dihilangkan dengan polish, tapi apabila goresannya sudah dalam harus di ganti dengan yang baru.

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN PADA LANTAI KAYU

memperbaiki kerusakan lantai kayu

ragan cara memperbaiki Lantai Kayu, perbaikan Lantai kayu asli dan lantai kayu sintetis berbeda cara dan tekhnik yang di gunakan.perbaikan lantai Kayu solid lebih mudah di banding lantai kayu Sintetis

PERBAIKAN LANTAI KAYU ASLI- kerusakan yang terjadi pada lantai kayu solid, seperti terkena goresan, terendam air ( meskipun lempengan lantai kayu terlepasa karena terendam air tidak akan rusak, bisa di pasang kembali menggunakan lem ) apabila kerusakan sudah parah, bisa dengan cara di finishing ulang. finishing ulang di lakukan dengan cara menghamplas kembali permukaan lantai setebal kurang lebih 0.5mm, baru di lakukan finishing ulang, dan lantai kayu akan terlihat tampak baru kembali. apabila kerusakannya sekala kecil, bisa menggunakan Bahan finishing dengan cara di kuaskan menggunakan kuas pinsil ke bagian yang rusak, atau bagian yang tergores.

PERBAIKAN LANTAI KAYU SINTETIS- kerusakan terbesar pada lantai kayu sintetis adalah akibat air, Air dapat mengakibatkan permukaan lantai kayu sitetis bergelombang, dan pada permukaan nya terdapat gelembung gelembung air yang meresap lewat lewat lapisan HDF, salah satu cara memperbaikinya harus di ganti total satu ruangan, karena selain kunciannya sudah tidak pas dengan lempengan Lantai kayu sintetis yang baru, warnanya juga akan terlihat belang. Tapi apabila kerusakan ringan yeng terjadi seperti goresangoresan kecil bisa di hinagkan dengan cara di WAX, atau menggunakan bahan Finishing yang sewarna dengan warna lantai kayu sintetis,lalu di kuaskan menggunakan kuas pinsil.

BAHAN DASAR LANTAI KAYU SINTETIS

LANTAI KAYU VINYL

 

Bahan Dasar lantai Kayu sintetis rata rata terbuat dari bahan rubber, atau serbuk kayu yang di padatkan. struktur bahannya bisa di lihat pada gambar di atas.serat kayu yang nampak adalah serat buatan pabrik, sehingga warna dan dan serat kayu cenderung senada, salah satu kelebihan Lantai kayu sintetis ini memiliki ragam warna dan corak yang banyak, sehingga pilihan untuk menyesuaikan dengan interior anda lebih mudah. yang menentukan dari tingkat kekerasannya selain bagian bawah, bagian laminasi yang sangat berperan terhadap keawetan lantai kayu sintetis, semakin tinggi tingkat kekerasan, semakin awet dan lebih tahan terhadap kerusakan.

BAHAN DASAR LANTAI KAYU ASLI

bahan lantai kayu

LANTAI KAYU ASLI tentunya terbuat dari bahan kayu asli, Terdapat beberapa jenis kayu yang sudah biasa digunakan sebagai bahan dasar, rata-rata jenis kayu yang digunakan adalah kayu yang memiliki tingkat kekerasan tinggi, bahan dasar kayu untuk membuat produk kayu parket harus memiliki berat jenis yang baik, dan memiliki ketahanan yang baik dari serangan hama. Karena rata rata penempatan lantai kayu pasti langsung menempel pada area lantai atau dinding yang rentan terhadap serangan rayap.

Beberapa jenis kayu yang paling sering digunakan tersebut adalah antara lain Kayu jati, ulin.  sonokeling, bengkirai, merbau, dan sungkai,dan kayu kruing. setiap jenis kayu memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing, dan untuk penempatannya juga disesuaikan dengan jenis kayu nya sendiri. untuk penempatan area outdoor, beberapa jenis kayu yang cocok diantaranya, kayu ulin,merbau,bengirai dan kruing. sementara untuk penempatan lantai kayu indoor bahan yang cocok dari bahan kayu jati,merbau, ulin dan sono keling.

BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN RAGAM PRODUK KAYU SEPERTI KAYU PARKET SOLID, PAPAN TANGGA, PLAPON KAYU, DECKING KAYU, KAMI MENYEDIAKAN PRODUK DAN JASA PEMASANGAN PLUS GARANSI.

Berikut ini adalah uraian tentang jenis kayu dan informasinya :

KAYU JATIkayu jati mentah

Siapa yang tidak mengetahui jenis kayu yang satu ini ? di Indonesia kayu jati sudah sangat terkenal. hal itu dikarenakan ia memiliki kekuatan dan keawetan yang bagus, selain itu motfnya juga sangat elegan. selain di Indonesia, Jati ini banyak ditemukan di Myanmar, Laos, India, Thailand, dan Kamboja. kayu jati ini biasa dipakai sebagai bahan dasar Lantai Kayu indoor seperti parket, flooring, papan tangga dan juga plin. dalam penggunaanya untuk parket, jati dibagi menjadi 3 grade yang dibedakan berdasarkan bagian-bagian kayu.


bengkirai kayuKAYU BENGKIRAI

Bengkirai ini biasa digunakan untuk bahan dasar lantai kayu outdoor karena tingkat kekerasan dan keawetannya yang bagus. jenis kayu ini biasa juga disebut yellow balau karena memiliki warna kayu yang kuning agak kecoklatan. di Indonesia sendiri Bengkirai banyak tumbuh di pulau Kalimantan. selain digunakan untuk lantai kayu outdoor, bengkirai juga terkadang digunakan untuk flooring indoor.


kayu sonokelingKAYU SONOKELING

Jenis kayu yang satu ini bisa dibilang sebagai kayu mewah karena motif dan corak yang dimilikinya benar-benar eksklusif, dengan warna hitam denan sedikit ungu dan terkadang juga diselingi warna krem, membuat sonokeling menjadi kayu dengan motif yang elegan. jenis kayu ini banyak tumbuh di daerah jawa tengah dan jawa timur, biasa digunakan untuk bahan dasar lantai kayu indoor seperti parket dan flooring.


flooring kayu merbauKAYU MERBAU

ini dalam industri lantai kayu bisa dibilang adalah saingannya kayu jati, dengan warna merah agak kecoklatan, merbau ini tampil gagah. serat kayu merbau ini sedikit agak menyerupai kayu kelapa. jenis kayu yang satu ini memiliki tingkat kekerasan yang bagus, di Indonesia merbau banyak dijumpai di Papaua atau Maluku. dalam penggunaannya, merbau biasa dijadikan sebagai bahan dasar lantai kayu indoor maupun outdoor. kekurangan merbau adalah tidak tahan air, karena apabila ia terkena air maka akan mengeluarkan getah berwarna merah.


kayu flooring sungkai
sungkai kayu

KAYU SUNGKAI

Kayu Sungkai ini memang kurang populer di Indonesia, akan tetapi dalam dunia pertukangan, Sungkai ini sangat banyak disukai karena harga jualnya yang terjangkau dengan kualitas yang bagus. tingkat kekerasan sungkai ini lumayan tinggi. warna kayunya adalah krem/putih polos. dalam penggunaanya kayu sungkai biasa dijadikan sebagai bahan dasar lantai kayu indoor yaitu flooring.

hubungi kami Call/WA : 0812 2344 9911
UNTUK INFORMASI PRODUK DAN HARGA LANTAI KAYU TERBARU KAMI

Setiap jenis kayu memang memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing, tinggal anda pilih kira-kira jenis mana yang akan sesuai dengan keinginan anda. sekian artikel tentang jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar lantai kayu. Itulah sekilas Informasi mengenai kekuatan lantai kayu dan bahan dasar uyang di gunakan, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari produk lantai kayu untuk hunian anda.