kayu untuk furnitur

6 Jenis Kayu Pilihan Untuk Furniture Outdoor & Indoor

Kayu Untuk Furniture – Indonesia memiliki beragam spesies kayu, salah satu yang patut di banggakan adalah Indonesia memiliki salah satu jenis kayu terbaik di dunia, yaitu Kayu Ulin.

Selain kayu Ulin beberapa kayu lainnya yang tumbuh di Indonesia yang merupakan golongan kayu terbaik diantaranya Jati, Merbau,Sonokeling, dan lain sebagainya.

Karena kekuatan dan tingkat keawetan yang baik, bahan kayu tersebut banyak di gunakan untuk produk produk furniture dan Lantai kayu. kami akan mengulas seputar produk bahan dasar kayu untuk furniture.

Terdapat beberapa jenis kayu yang sudah biasa digunakan sebagai bahan dasar, rata-rata jenis kayu untuk furniture memiliki tingkat kekerasan tinggi, bahan dasar kayu untuk membuat produk kayu parket harus memiliki berat jenis yang baik, dan memiliki ketahanan yang baik dari serangan hama.

Karena rata rata penempatan lantai kayu pasti langsung menempel pada area lantai atau dinding yang rentan terhadap serangan rayap.

Beberapa jenis kayu untuk furniture adalah antara lain Kayu jati, ulin.  sonokeling, bengkirai, merbau, dan sungkai,dan kayu kruing.

Setiap jenis kayu memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing, dan untuk penempatannya juga disesuaikan dengan jenis kayu nya sendiri. Untuk penempatan area outdoor, beberapa jenis kayu yang cocok diantaranya, kayu ulin,merbau,bengirai dan keruing.

Sementara untuk penempatan lantai kayu indoor bahan yang cocok dari bahan kayu jati,merbau, ulin dan sono keling.

Jenis-Jenis Kayu Untuk Furniture Outdoor Maupun Indoor

1. Kayu Jati

kayu untuk furniture

Siapa yang tidak mengetahui jenis kayu yang satu ini ? di Indonesia kayu jati sudah sangat terkenal. hal itu dikarenakan ia memiliki kekuatan dan keawetan yang bagus, selain itu motifnya juga sangat elegan.

Selain di Indonesia, Jati ini banyak ditemukan di Myanmar, Laos, India, Thailand, dan Kamboja, Jati biasa digunakan untuk beberapa bahan dasar kayu untuk Furniture Rumah diantara lainnya ialah sebagai berikut.

Produk dari Kayu Jati

  • Parquet Kayu Jati
  • Flooring Kayu Jati
  • Mini Flooring Kayu Jati
  • Papan Tangga Kayu Jati
  • Plin Kayu Jati

Baca informasi: Mengenali Kayu Jati lebih Detail

2. Kayu Bengkirai

kayu untuk furniture

Kayu Bengkirai biasa juga disebut yellow balau karena memiliki warna kayu yang kuning agak kecoklatan.

Di Indonesia sendiri Bengkirai banyak tumbuh di pulau Kalimantan. Selain sebagai kayu untuk furniture indoor, bengkirai juga terkadang digunakan untuk furniture outdoor seperti wooden deck.

Kayu bengkirai dapat tumbuh hingga 40meter, dengan diamater mencapai 120 ccm, jenis kayu ini memiliki karakter yang padat denegan warna yang sangat khas. Kayu bengkirai memiliki terkstur yang sedikit kasar namun Anda tidak usah khawatir karena sebelum dijadikan material kayu kami akan membuat produk ini halus dan nyaman. Kayu bengkirai dapat digunakan untuk beberapa produk, berikut produk dari Kayu bengkirai :

Produk dari Kayu bengkirai

  • Decking Kayu bengkirai
  • Lambersering Kayu bengkirai

Baca informasi : Mengenali Kayu Bengkirai lebih Detail

3. Kayu Sonokeling

kayu untuk furniture

Jenis kayu yang satu ini bisa dibilang sebagai kayu mewah karena motif dan corak yang dimilikinya benar-benar eksklusif, dengan warna hitam denan sedikit ungu dan terkadang juga diselingi warna krem, membuat sonokeling menjadi kayu dengan motif yang elegan.

Jenis kayu ini banyak tumbuh di daerah jawa tengah dan jawa timur,

Kayu sonokeling termasuk kedalam keras tinggi, karena sonokeling memiliki berat jenis sebesar 0,77-086 dengan kadar air lebih 15%, jenis kayu sonokeling terbilang memiliki serat yang lurus, dan kayu sonokeling memiliki warna kayu yang unik.

Tidak hanya itu kayu sonokeling dapat digunakan material kayu untuk material furniture rumah, berikut produk dari Kayu Sonokeling.

Produk dari Kayu Sonokeling

  • Lantai Indoor Kayu Sonokeling
  • Decking Kayu Sonokeling

Baca informasi : Mengenali Kayu Sonokeling lebih Detail

4. Kayu Merbau

kayu untuk furniture

Kayu ini dalam industri parket bisa dibilang adalah saingannya kayu jati, dengan warna merah agak kecoklatan, merbau ini tampil gagah.

Serat kayu merbau ini sedikit agak menyerupai kayu kelapa. Jenis kayu yang satu ini memiliki tingkat kekerasan yang bagus, di Indonesia merbau banyak dijumpai di Papua atau Maluku.

Kekurangan merbau adalah tidak tahan air, karena apabila ia terkena air maka akan mengeluarkan getah berwarna merah.

Namun, hal tersebut tidak akan berpengaruh kepada proses pemasangan, karena Kami akan menyiapkan semuanya dengan sangat baik. dengan itu, Kayu merbau dapat dijadikan beberapa meterial kayu untuk furniture, berikut produk dari Kayu Merbau yang bisa Anda gunakan.

Produk dari Kayu Merbau

  • Flooring Kayu merbau
  • Decking Kayu Merbau
  • papan Tangga Kayu merbau

Baca informasi: Mengenali Kayu Merbau lebih Detail

5. Kayu Ulin

kayu untuk furniture

Kayu Ulin merupakan jenis kayu dengan karakteristik yang sangat tinggi, terutama jenis kayu ini memiliki nilai estetika yang sangat indah, karena warna dan seratnya yang menarik, Kayu untuk furniture ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, jembatan, kontruksi rumah, sampai digunakan untuk tiang listrik.

Kayu ulin memiliki tingkat keras kelas I dan memiliki sifat tahan perubahan suhu, serta kayu ulin tahan terhadap serangan rayap, Maka dari itu, kayu ulin sering digunakan untuk material furniture rumah, berikut Produk dari Kayu Ulin

Produk dari Kayu Ulin

Anda bisa langsung menggali informasi lebih detail Mengenai Kayu Ulin.
Baca informasi : Mengenali Kayu Ulin lebih Detail

6. Kayu Keruing

kayu untuk furniture

Kayu keruing atau dikenal dengan bahasa latinnya dipterocarpus,Pohon keruing adalah jenis pohon yang berukuran besar, dan memiliki banyak keunggulan dan kegunaan yang beragam, karakteristik dari kayu keruing yaitu memiliki warna serat dan indah.

Kayu keruing memiliki tingkat II dan tingkat kuat kelas II , yang berarti kelas tersebut cukup tinggi, Maka dari kayu keruing sering digunakan untuk beberapa kebutuhan Material furniture, berikut beberapa produk dari Kayu Keruing

Produk dari Kayu Keruing

  • Flooring Kayu keruing
  • Decking Kayu Keruing
  • Plafon Kayu Keruing

Baca informasi: Mengenali Kayu Keruing lebih Detail

Lalu, Mengapa Kayu Sangat baik untuk dijadikan Material Furniture?

Mungkin, sebagian orang belum mengetahui keunggulan dan manfaat dari kayu sebagai material furniture rumah, maka dari itu kami akan merangkum, kelebihan jika menggunakan Kayu sebagai Material furniture.

Manfaat Menggunakan Material Kayu untuk Furniture

  • Lantai kayu dapat memberikan kenyaman bagi pemilik Rumah
  • Lantai Kayu terbilang unik dan memiliki ciri khas yang berbeda
  • Memberikan kesan Elegant dan mewah
  • bisa sebagai Bahan Investasi
  • Tahan Lama bahkan ratusan tahun Lamanya
  • Beberapa kayu memiliki harga terjangkau

Jadi, Anda akan menggunakan Jenis Kayu mana untuk Material Hunian?

Setiap jenis kayu memang memiliki keunggulan dan karakteristiknya masing-masing, tinggal anda pilih kira-kira jenis mana yang akan sesuai dengan keinginan anda.

Sekian artikel tentang jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar lantai kayu.

Itulah sekilas Informasi mengenai kekuatan lantai kayu dan bahan dasar uyang di gunakan, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari produk lantai kayu untuk hunian anda.

Untuk informasi seputar produk furniture seperti lantai parket, decking kayu, kisi-kisi, plafon dan jenis lainnya beserta jasa pemasangannya, dapat berkonsultasi dengan marketing kami disini 0811-240-377