lantai lapangan basket

Tips Merawat Lantai Lapangan Basket agar Tetap Mengkilap

Pernahkah anda berjalan ke sebuah lapangan olahraga dan melihat betapa indahnya lantai lapangan basket? Finishing lantai yang sangat mengkilap dengan garis yang tajam terlihat jelas membuat betah untuk berolahraga.

Jika anda menginginkan lantai lapangan basket sebaik itu, sebaiknya ketahui beberapa tips dibawah ini dan catat apasaja yang perlu dilakukan agar lantai lapangan basket anda tetap terjaga dan terawat dalam keindahannya.

Memahami cara merawat lantai lapangan basket dengan benar dan mengetahui apa saja yang harus diperhatikan merupakan hal yang penting diketahui oleh pengelola. Lantai lapangan basket yang banyak aktifitas diatasnya membutuhkan pembersihan dan perawatan rutin.

Berikut ini tips penting diketahui agar lantai lapangan basket anda tetap awet dan terlihat mengkilap:

Gunakan jenis lantai yang tepat

Jenis lantai lapangan basket

Merawat dan menjaga lantai lapangan basket dalam kondisi terbaik bida dapat menjadi keseharian yang membosankan.

Tips atau poin pertama yang harus anda lakukan adalah menggunakan jenis lantai yang berkualitas dan sesuai dengan standar yang berlaku untuk lapangan basket.

Pemilihan jenis lantai yang tepat akan meminimalisir perawatan yang berlebih karena biasanya lantai berkualitas akan bertahan sangat baik.

Resiko jika anda memilih jenis lantai yang buruk, adalah anda harus mengeluarkan waktu dan budget ekstra untuk perawatan lantai lapangan basket.

Lantai berkualitas untuk lapangan basket adalah parquet kayu.

Baca Juga:

Daftar Produk Parket Kayu Jati, Lengkap Dengan Harga 2022

Jenis lantai kayu ini merupakan lantai yang direkomendasikan oleh FIBA atau organisasi yang mengatur standarisasi lapangan basket.

Di Indonesia sendiri anda dapat menemukan lantai parket berkualitas dari Gudang Parquet yang merupakan supplier sekaligus jasa pemasangan yang profesional.

Bersihkan secara rutin

Merawat lantai kayu

Mungkin anda sudah tau bagaimana mengatur jadwal kebersihan harian seperti menyapu setiap selesai pertandingan dan setidaknya mengepel lantai sehari sekali.

Namun perawatan lebih dari sekedar itu, anda dapat berjalan di setiap sudut lapangan untuk memeriksa kotoran, tumpahan, dan pasir yang ditinggalkan oleh pengunjung dan penggunaan lapangan.

Penting untuk meluangkan waktu memeriksa keadaan lantai dan membersihkan apapun yang dapat merusak keawetan dari lantai itu seperti debu, kotoran atau pasir dilantai.

Musuh utama yang dapat merusak lantai lapangan basket biasanya pasir, jika pasir tersebut terus berada diatas lantai, dapat terus tergesek-gesek dengan lantai dan dapat menyebabkan goresan-goresan yang tak diinginkan pastinya.

Jadikan berjalan dan mengontrol kebersihan lapangan sebagai aktifitas terjadwal agar dapat menjaga lantai tetap dalam kondisi terbaiknya.

Perbaiki bila perlu

Perbaiki lantai lapangan basket

Agar lantai lapangan basket tetap terlihat fresh, anda juga harus memperbaiki setidaknya setiap satu atau lebih, tergantung pada jumlah penggunaannya.

Pastikan anda memiliki kontraktor lantai yang dapat dipercaya untuk lapangan basket anda agar dapat menangani hal seperti ini untuk anda.

Di Gudang Parquet, tentunya itu sudah menjadi hal yang biasa. Kami biasa mengerjakan seluruh kebutuhan konsumen seperti finishing ulang, pergantian parket yang rusak ataupun memperbaiki keseluruhannya.

Dengan memilih kontraktor lantai kayu yang tepat anda tidak akan dipusingkan dengan perawatan yang sulit dan minimnya tukang yang dapat mengerjakan lantai parket.

Hindari kelembaban berlebih

Hindari lantai kayu dari lembab

Jika anda menggunakan lantai kayu untuk lapangan basket, sebisa mungkin hindari kelembaban yang berlebih.

Lembab bisa dibilang merupakan musuh dari kayu, oleh karena itu mengepel lantai parket sebenarnya tak dianjurkan, apalagi dengan volume air yang dapat membuat genangan kecil.

Genangan air meskipun kecil dapat mengendap dan menyebabkan pelapukan pada lantai kayu. Pastinya anda tidak menginginkan resiko tersebut.

Untuk itu biasakan tidak terlalu basah ketika mengepel lantai, dan hanya gunakan pel yang sedikit lembab tanpa air yang berlebih.

Tidak cuma itu, lantai kayu yang lembab dapat membuat lapisannya mudah terkelupas atau menonjol keatas karena perbedaan tekanan yang drastis. Biasanya efek yang paling jelas adalah terdengar suara mendecit saat dipijak.

Gunakan cairan anti rayap

Cairan anti rayap lantai kayu

Sebetulnya lantai kayu yang tersedia di Gudang Parquet merupakan jenis lantai dengan material kayu yang kebanyakan anti rayap.

Akan tetapi untuk berjaga-jaga dari serangan rayap, dapat menggunakan cairan kimia anti rayap dengan cara menyuntikannya kebeberapa potongan kayu.

Dengan begitu anda dapat menghindari cairan yang mengendap dan membuat lembab di lantai.

Poles lantai agar mengkilap seperti baru

poles lantai lapangan basket

Salah satu cara agar lantai parket yang digunakan untuk lapangan basket terlihat baru dan mengkilap adalah dengan cara memolesnya.

Meski proses pemolesan lantai parket cukup rumit, sebisa mungkin luangkan waktu sekitar beberapa bulan sekali untuk memoles ulang lantai kayu.

Cara ini dilakukan untuk mengisi goresan-goresan pada permukaan dasar lantai sehingga cela-cela tersebut dapat tertutupi sehingga membuat lantai tampak seperti baru.

Dan lantai lapangan basket pun mengkilap kembali!

Baca Artikel Serupa:

Bagaimana Cara Merawat Lantai Kayu yang benar, agar awet dan tidak kusam

Itulah beberapa tips untuk merawat dan menjaga lantai lapangan basket agar tetap mengkilap seperti baru.

Terimakasih telah mengunjungi artikel ini dan selamat bertemu di artikel berikutnya!