Ini dia Tanaman Terbaik untuk Pemula yang pas di kantong.

Selain tampilan dalam rumah, tampilan luar rumah juga tentunya harus ditata dengan rapid an bagus. Pasalnya, taman juga memiliki perananan yang sangat penting dalam menunjang tampilan sebuah hunian rumah.

Menghias tanaman dinilai memilki manfaat dapat mengurangi stress serta sebagai hiburan murah setelah penatnya seharian di luar rumah. Daya tarik visual dari tanaman dapat membuat rumah menjadi lebih indah dan memiliki nilai plus lainnya seperti udara lebih segar, atau bahkan memiliki nilai ekonomis lebih jika ditekuni dengan serius.

Adapun mengenai beberapa tips menghias taman bagi pemula seperti berikut:

Beberapa Tips Menghias Tanaman

Menghias Decking dengan Tanaman Hias

Sebuah taman itu tidak selalu identik dengan pepohonan dan tumbuhan. Dalam hal ini, kita bisa membuat sebuah taman rumah yang menggabungkan suasana modern dengan alami. Maka dari itu, lengkapi bagian tepi-tepi taman dengan menggunakan decking kayu alias lantai kayu parket.

Memilih Jenis-jenis Tanaman Hias

Tanaman Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang paling gampang tumbuh sebab tidak terlalu membutuhkan banyak air. Cukup disiram beberapa hari sekali tanaman ini cukup subur ditanam serta memiliki daya tahan lama.

Tanaman ini dapat tumbuh bertahun-tahun dalam pot atau tempat yang sama, sehingga tidak memerlukan perhatian khusus seperti harus melakukan pemindahan atau pemberian nutrisi lainnya.

Baca informasi mengenai : Bikin hunian rumah dengan Lantai Kayu dan Tanaman Indah

Selain menjadi tanaman hias, lidah buaya memiliki manfaat plus seperti bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut, bahan kosmetik, atau bahkan sebagai konsumsi herbal penyakit tertentu.

Penataan tanaman ini bisa dilakukan fleksibel misal bisa ditanam diluar ruangan atau didalam ruangan selama mendapat cahaya yang cukup tanaman ini pasti tumbuh dengan mudahnya.

Tanaman Kaktus

Ada banyak jenis kaktus yang lucu dan cantik yang bisa Anda pilih. Umumnya tanaman ukuran kecil yang bisa diletakkan di meja belajar atau meja kerja untuk menambah kesan segar. Tanaman ini tidak perlu membutuhkan perhatian khsusus pula.

Penyiraman dilakukan sesekali saja, andai kata Anda lupa menyiram tanaman ini tidak langsung layu atau mati mengingat habitat asalnya yang ekstrim membuat tanaman ini terkenal kokoh segala musim.

Bentuknya yang unik dan lucu membuat tanaman ini digemari orang untuk hiasan di dalam ruangan, bisa dietmpatkan di atas meja, jendela serta beberapa tempat lainnya. Walaupun berduri, tanaman ini dirasa aman dari hama dan penyakit, perlu diperhatikan bahwa disarankan simpan jauh dari jangkauan anak kecil.

Tanaman Bunga Lavender

Anda bisa mencoba tanaman jenis bunga ini dalam rangkaian menghias tanaman anda baik itu diluar ruangan ataupun didalam ruangan. Tanaman ini cocok untuk ditanamn di tanah gembur. Idealnya didekat jendela kamar Anda. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sepanjang hari dengan penyiraman sekali sehari.

Tanaman ini memiliki aroma khas dan kuat yang dibenci nyamuk, tapi disukai manusia sehingga selain menambah keindahan rumah dengan warnanya lucu, tanaman ini memiliki fungsi lain dalam hal mengusir nyamuk. Jadi, usahakan memasukan list bunga lavender pada daftar tanamn hias yang Anda rencanakan.

Baca Juga : Lantai Kayu untuk hunian rumah lebih estetik

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman ini selain namanya unik, bentuknya pun sama uniknya. Lidah mertua memiliki daun yang keras, memanjang dengan ujungnya yang lancip mirip pedang. Tanaman ini adalah salah satu tanaman hias terbaik yang bisa membersihkan bahan kimia beracun dari udara di rumah. Cocok untuk dataran rendah dengan kebutuhan sinar matahari sepanjang hari.

Tanaman ini hanya perlu disiram sehari sekali dengan pemupukan sebulan sekali. Penempatan Tanaman sangat fleksibel sehingga dapat ditempatkan area mana pun di rumah Anda. Dengan daunnya yang tinggi, berwarna-warni, berbentuk tombak, tanaman ini cocok sebagain tambahan dekorasi sudut dapur agar lebih terlihat lebih hidup.

Tanaman Palem

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang tidak biasa bisa mencoba menggunakan tanaman ini. Bentuk dan corak daunnya khas dan banyak ditemukan sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah seperti di sudut ruang tamu, halaman depan atau bahkan di tengah ruang keluarga untuk memberikan efek rimbun dan sejuk. Palem kuning umumnya digunakan karena memiliki cirii batang kecil dengan daun memanjang berwarna hijau cerah kekuningan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda memulai menghias tanaman diantaranya wajib mengetahui kelembapan udara dalam ruangan. Tingkat kelembaban yang ideal di rumah harus sekitar 50%. Jika kurang dari 30% berarti udaranya terlalu kering, dan jika lebih dari 60% berarti udaranya terlalu lembab. Untuk bunga yang diletakkan dalam ruangan usahakan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Jangan lupa untuk memutar tanaman setiap minggu atau lebih, untuk membantu semua daunnya tumbuh dan menyebar secara merata. Jangan menempatkan terlalu banyak jenis tanaman dalam satu tempat, alih-alih mempercantik rumah, penempatan tanaman yang berlebihan akan memberikan kesan berantakan. Karena itulah, Anda harus pandai mengatur komposisi taman agar tampak serasi sesuai dengan lahan yang tersedia.

Terimakasih, Telah membaca informasi mengenai Jenis-jenis tanaman untuk Pemula 🙂

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda