lantai kayu solid

5 Tips Meningkatkan Usia Pakai Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid dapat menjadi elemen pendukung yang indah untuk sebuah hunian. Material lantai ini juga menjadi pilihan yang baik untuk jangka panjang, dengan umur panjangnya diharapkan dapat bertahan hingga belasan tahun lamanya.

Bukti yang menunjukan bahwa lantai kayu solid sangat awet adalah beberapa bangunan tua dan bersejarah yang masih memiliki lantai kayu solid utuh didalamnya.

Namun jika anda berencana akan meningkatkan umur pakai lantai kayu solid, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai pencegahan. Ikuti beberapa tipsnya dibawah ini untuk memberikan perawatan terbaik agar menambah usia pakai lantai kayu solid dirumah anda.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah Dan Benar!

#1 Pastikan Dipasang Dengan Benar

lantai kayu solid

Masa pakai lantai kayu solid dapat mencapai puluhan tahun jika pemasangannya dilakukan dengan benar. Akan tetapi, lantai kayu dapat memiliki usia pakai yang pendek ketika pemasangannya tidak dilakukan dengan benar, dan mungkin garansi produknya tidak akan berlaku lagi.

Untuk itu kami sarankan anda menggunakan jasa pasang lantai kayu yang memang sudah ahli dibidangnya, karena mereka dapat mempertimbangkan kelembapan dan faktor lain dalam pemasangan untuk memastikan lantai memiliki cukup space untuk mengembang atau mengerut.

Jasa pasang lantai kayu yang profesional juga memiliki panduan dari produsen langsung sehingga cermat dalam setiap langkahnya untuk mempertahankan garansi produk.

Jika anda menginginkan lantai kayu solid terpasang dengan benar dan rapih, hubungi Gudang Parquet. Tim kami memiliki pengalaman yang panjang dengan beragam jenis lantai kayu, dan dapat memastikan setiap pemasangannya maksimal dengan tampilan yang tidak akan mengecewakan.

#2 Gunakan Pelapis Lantai Seperti Karpet

lantai kayu solid

Solusi lain yang dapat anda lakukan ketika ingin meningkatkan usia pakai lantai kayu solid adalah dengan menempatkan karpet diatas area lantai kayu yang rentan terhadap kerusakan.

Pasang karpet di depan pintu masuk untuk memastikan tamu atau penghuni rumah membersihkan kaki mereka sebelum berjalan diatas lantai kayu solid anda. Dengan menambahkan karpet di depan pintu masuk dapat meminimalisir resiko debu atau pasir kecil yang masuk sehingga membuat goresan-goresan yang tidak diinginkan.

Selain di pintu masuk, anda juga dapat menambahkan karpet di area yang sering di tempati seperti ruang keluarga. Tempatkan juga karpet dibawah meja untuk menghindari penyok yang diakibatkan meja tergeser secara tidak sengaja.

#3 Gunakan Tirai Pada Setiap Jendela Transparan

lantai kayu solid

Menggunakan tirai pada setiap jendela bening atau transparan dapat menahan sinar utraviolet (UV) yang masuk. Karena sinar tersebut dapat merusak permukaan lantai kayu solid dalam jangka panjang.

Paparan langsung sinar ultraviolet secara waktu ke waktu dapat menyebabkan permukaan lantai kayu memudar, terutama pada area yang mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Resiko buruknya anda akan mendapatkan tampilan lantai kayu yang tidak rata.

Pasang gorden atau kerai semi untuk menahan sinar matahari secara langsung namun tidak akan terlalu gelap pada ruangan. Tutup gorden setiap sinar matahari menyentuh langsung pada area lantai kayu. Dengan begitu anda tidak akan menemukan bagian lantai yang tidak rata.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jenis Karpet Yang Tepat Untuk Rumah

#4 Pastikan Lantai Terlindungi Dari Kelembapan

lantai kayu lembab

Musuh berat lantai kayu memang kelembapan, karena dapat merusak lantai kayu hingga membusuk. Jika anda tidak ingin hal buruk itu terjadi, hindari kelembapan terutama sumbernya diruangan manapun yang menggunakan lantai kayu solid pada permukaannya.

Langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk melacak tingkat kelembapan pada ruangan adalah dengan menggunakan alat higrometer. Namun jika memang anda tinggal di wilayah dengan iklim yang lembap, alangkah baiknya pastikan setiap celah pada rumah ditutup dengan baik dan berikan ventilasi terbaik.

Kelembapan yang langsung menyentuh lantai kayu dapat menyebabkan banyak kerusakan seperti meninggalkan noda, merubah warna, hingga kebusukan. Selalu bersihkan tumpahan sesegera mungkin dan perbaiki sumber kebocoran sekecil apapun itu di rumah anda.

Ingat untuk tidak menggunakan air atau prduk pembersih cair yang berlebihan. Setelah mengepel lantai, pastikan mengulangnya dengan pel kering agar tidak terjadi kelembapan.

#5 Gunakan Lapisan Pelindung Pada Permukaannya

lantai kayu solid

Dalam tahap finishing, sebagian besar jasa pasang lantai kayu memberikan lapisan pelindung pada permukaannya guna meningkatkan daya tahan lantai tersebut. Namun sebagian orang bisa saja membeli produk lantai kayu solid unfinish.

Jika memang anda menggunakan produk lantai kayu unfinish upayakan untuk menimpa lapisan atasnya dengan minyak pelindung yang juga menjadi pengkilap permukaan lantai kayu. Selain dapat meningkatkan usia pakai lantai kayu, juga memberikan tampilan yang lebih menarik.

***

Demikian tips yang dapat kami berikan mengenai usia pakai lantai kayu, semoga dapat dengan mudah difahami dan menjadi wawasan baru untuk anda seputar lantai kayu.

Untuk pembelian produk lantai kayu berkualtias atau jasa pasang lantai kayu yang sudah ahli dan bergaransi dapat berkonsultasi bersama tim kami disini 0811-240-377