vinyl vs parket

Lantai Vinyl Vs Lantai Parket | Kamu Pilih Yang Mana?

Lantai Vinyl VS Lantai Parket – Manakah yang lebih berkualitas? mari kita simak uraian berikut akan memperjelas plus serta minusnya maka anda akan mengetahui manakah yang lebih berkualitas.

Lantai Vinyl ( Vinyl Flooring )

Lantai Vinyl

Lantai Vinyl memang terlihat seperti bermotif kayu, akan tetapi penutup lantai jenis ini tidak sama sekali berbahan dasar kayu sedikitpun. Jenis lantai ini sedang trend lho! pasarannya di dunia termasuk Indonesia.

Meskipun bukanlah menjadi penutup lantai yang terbaik diantara penutup lantai jenis lainnya, Lantai ini kerap menjadi pilihan karena motif, harga, daya tahan, serta kesannya yang menjadi pertimbangan akan mengaplikasikannya pada tempat hunian anda. Lantai Vinyl juga pemasangannya lebih mudah serta harganya juga yang relatif lebih murah.

Kelebihan Lantai Vinyl

Lantai Vinyl Memiliki Kelebihan Yaitu:

  • Tidak terpengaruh dengan sinar matahari walaupun dalam waktu yang cukup lama. Sinar matahari juga tidak akan membuat vinyl menjadi memuai.
  • Anti rayap, karena materialnya tidak mengandung material kayu sedikitpun.
  • Tersedia berbagai jenis motif dan bahkan custom ( untuk Vinyl Karpet).
  • Water Resistant ( Tahan Terhadap Air ).
  • Dapat di aplikasikan pada indoor atau outdoor, bahkan juga bisa pada dinding , tangga , dan juga meja.
  • Vinyl Flooring mampu tahan terhadap goresan furniture berat karena memiliki layer anti – scratch.

Wear layer sangat berpengaruh besar pada daya tahan atau masa pakai Vinyl. Semakin tebal wear layer-nya, maka semakin berumur panjang penutup Lantai Vinyl tersebut.

Kekurangan Lantai Vinyl

Lantai Vinyl Juga Memiliki Kekurangan Antara Lain:

  • Terbuat dari VOC ( Volatile Organic Compounds ), yang katanya tidak bagus untuk kesehatan. Sebagian kecil orang sensitif terhadap kandungan VOC yang terlepas di udara oleh vinyl.
  • Apabila satu lembaran rusak, harus membeli 1 dus lembaran yang sama. Artinya sebagian besar lembaran tidak akan digunakan. Sisi positifnya, Anda dapat menyimpan lembaran tersisa untuk antisipasi apabila ada kerusakan juga di bagian lain, jika itu kelak terjadi.
  • Rentan terhadap benda tajam, karena vinyl materialnya bukan terbuat dari kayu solid. Jenis lantai ini sangat mudah rusak apabila terkena dengan silet, cutter, pisau, dan benda tajam lainnya.

Baca Juga Selengkapnya Tentang : Harga Lantai Vinyl

Tips Menggunakan Lantai Vinyl

Berikut tips agar bisa memperpanjang umur lantai vinyl supaya tahan lama.

  • Hindari dari goresan benda tajam yang disengaja ataupun tidak
  • Bersihkan dengan rutin, Pel dengan sedikit air , Vacuum seminggu sekali agar debu yang menempel bisa terangkat dari lantai.
  • Pemasangan pertama idealnya gunakan jasa para ahli pasang vinyl, dan juga memakai lem khusus.
  • Walapun mempunyai lapisan anti gores, gunakan lap kotor yang di tempatkan pada dasar kaki furniture yang akan dipindahkan posisinya pada suatu ruangan.

Lantai Parket

Lantai Parket

Penggunaan Lantai Parket juga tidak kalah dengan vinyl, karena pelapis lantai yang satu ini berbahan dasar kayu solid yaitu: jati, bengkirai, merbau, dan lain sebagainya. Selain itu juga karakteristik kayu nya yang kuat sudah pasti menjadi salah satu nilai plus dari parket.

Pengaplikasian lantai parket pada tempat hunian, tidak hanya memberikan kesan yang alami. Suasana elegan, artistik,dan mewah yang tercipta apabila lantai parket dipilih menjadi elemen interior lantai pada tempat hunian anda.

Kelebihan Lantai Parket

Lantai Parket juga memiliki kelebihan yang berbeda dengan lantai jenis lain yaitu:

  • Aman dari Zat apapun, karena materialnya dari kayu asli.
  • Menciptakan kesan yang natural, mewah, elegan, dan juga artistik.
  • Nilai jual rumah akan menjadi lebih tinggi.
  • Dapat tahan lama, apabila tergantung pada waktu pemasangan awal, pengaplikasian pada ruangan yang benar, serta pemeliharaan yang tepat. Maka waktu 15-20 tahun merupakan waktu yang bisa dicapai oleh lantai parket.

Kekurangan Lantai Parket

Dimana ada kelebihan pasti akan ada kekurangan pada lantai kayu solid ini antara lain:

  • Kelembaban menjadi kekurangan dari parket, karena kelembaban bisa membuat lantai parket memuai dan menyusut, sehingga posisinya akan tidak rata bahkan bisa juga menyebabkan kerenggangan.
  • Harganya mahal, karena ketersediaan materialnya yang semakin minim di alam.
  • Rentan terhadap serangan rayap karena material utama dari kayu solid adalah kayu asli.
  • Rentan terhadap goresan benda apabila kita tidak memindahkan dengan cara diangkat.
  • Apabila terjadi kerusakan pada satu sampai dua lembaran maka proses perbaikannya akan repot , karena bukan cuma satu atau dua lembaran yang akan diganti, bisa jadi seluruh area harus mendapatkan perbaikan juga, guna mendaptkan penguncian dan perataan yang sama seperti awal.

Baca Juga: Harga Lantai Parket

Tips Agar Lantai Parket Tahan Lama

Agar mengurangi lantai parket rusak sebelum waktunya, sebelum pemasangan usahakan lantai harus bersih dan juga bebas dari kelembaban. Selain itu cara pengepelan juga harus diperhatikan karena dengan terlalu basahnya alat pel anda maka akan membuat kerusakan pada lantai parket yang disebabkan oleh banyaknya air yang dipakai.

Usahakan mengepel dengan lap pel yang tidak terlalu basah dan juga tidak terlalu kering guna meminimalisir terjadinya kerusakan pada lantai parket. Kenapa mengepel lantai parket tidak boleh terlalu banyak terkena air?

Karena genangan air dari kain pel bisa mengendap dan menyebabkan pelapukan selain itu juga lantai kayu yang lembab bisa membuat lapisannya mudah terkelupas dan perbedaan tekanan yang drastis. Akibatnya, lantai kayu pada rumah anda berdecit-decit saat dipijak.

Pemilihan lantai memang seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan anda, jika anda menginginkan lantai yang mampu tahan terhadap air (water resistant) , pemilihan lantai vinyl boleh diterapkan, tetapi bagi anda yang menginginkan lantai yang berestetika tinggi bisa menerapkan lantai Parket.