wallpaper vs lambersering kayu

Pilih Wallpaper atau Lambersering Kayu?

Pilih Wallpaper atau Lambersering Kayu? – Untuk mempercantik hunian rumah Anda, tentunya bisa dengan menggunakan beragam hal. Mulai dari penerapan desain rumah yang unik dan berbeda dari yang lain, penerapan warna cat dinding yang menarik, penerapan wallpaper, atau Anda juga bisa mencoba untuk menerapkan lambersering kayu.

Mungkin sebagian dari Anda masih agak asing dengan properti lambersering kayu, tetapi apabila Anda melihat penampakannya secara langsung, pastinya Anda akan langsung mengenali properti yang satu ini. Karena properti yang satu ini memang semakin banyak dicari sebagai pelapis dinding untuk hunian rumah maupun kafe.

Sehingga, pilihan untuk mempercantik dinding ini lebih beragam lagi antara wallpaper atau lambersering kayu.

Apa itu Wallpaper?

Pasti Anda sudah tidak asing lagi apabila membicarakan tentang wallpaper atau kertas dinding yang fungsinya memang diperuntukkan untuk menutupi dan menghiasi dinding rumah maupun bangunan lainnya. Wallpaper banyak digunakan oleh orang-orang karena mempunyai banyak pilihan corak atau motifnya tersendiri.

Sehingga Anda bisa menghias dinding rumah Anda dengan mudah hanya dengan menggunakan wallpaper. Untuk mendapatkannya pun tidak sulit, banyak toko material yang sudah menyediakan wallpaper dengan banyak pilihan. Dalam pengaplikasiannya pun, Anda hanya memerlukan bahan perekat khusus agar wallpaper dapat menempel pada dinding rumah Anda dengan baik.

Apa itu Lambersering Kayu?

plafon kayu lambersering

Supaya Anda tidak bingung untuk memilih wallpaper atau lambersering kayu, maka sekarang kita ulas pula mengenai lambersering kayu. Lambersering atau dikenal juga sebagai Lumber Ceiling merupakan bahan bangunan yang memiliki bentuk memanjang dan di pasang pada dinding atau plafon hingga menghasilkan tampilan elegan dan khas.

Lambersering umunya terbuat dari bahan kayu solid, yang mempunyai bentuk panjang sekitar 100 sampai 390 cm dan mempunyai ukuran yang sangat tipis yaitu dengan lebar yang hanya berkisar antara 1 cm sampai 1,2 cm.

Meskipun ada juga jenis lambersering dengan bahan lain seperti WPC dan lain-lain. Keberadaannya sangat jarang dikenal orang-orang

Dalam proses pembuatannnya, lambersering kayu ini didapat dari proses olahan kayu yang dibentuk menjadi lembaran. Lembaran-lembaran kayu ini kemudian akan dikeringkan sampai kadar airnya berkurang bahkan hilang.

Sehingga, pada saat lambersering kayu ini dipasang pada dinding, tidak akan terjadi penyusutan karena lembaran kayu sudah benar-benar kering.

Lambersering ini bisa dibilang memang merupakan suatu inovasi terbaru dalam dunia properti, sehingga keberadaannya belum terlalu familiar di kalangan masyarakat.

Padahal, lambersering kayu ini merupakan produk yang multifungsi, bisa digunakan sebagai penutup plafon, wall panel atau penutup dinding, sebagai lantai rumah, bahkan bisa juga digunakan sebagai pengganti wallpaper atau cat dinding rumah yang sudah kusam.

Mana yang lebih baik ?

Wallpaper kah?

atau lambersering?

untuk menjawab soal ini, mari kita pelajari lebih dalam mengenai kedua produk penutup dinding ruangan ini.

Kelebihan Wallpaper

Untuk lebih meyakinkan Anda supaya bisa mengambil keputusan untuk memilih wallpaper atau lambersering kayu, sekarang Anda bisa melihat ulasan mengenai kelebihan dari masing-masing material.

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, wallpaper ini memanglah mempunyai banyak corak motif yang mana ini menjadi kelebihan tersendiri sehingga Anda bisa memilih motif apa saja yang Anda inginkan.

Kemudian, dalam segi pemasangannya pun tidak memakan waktu sepeti Anda melakukan pengecatan pada dinding rumah.

Selain itu, wallpaper juga sangat bisa diandalkan untuk menutupi keretakan atau lubang yang ada pada dinding rumah Anda, sehingga rumah Anda akan terlihat lebih rapi dengan tidak adanya bagian dinding rumah yang cacat.

Kelebihan Lambersering Kayu

lambersering kayu di dinding

Sekarang kita beralih ke kelebihan dari lambersering kayu, material yang satu ini mempunyai tampilan yang sangat estetik dan natural, hal ini karena pada saat proses finishing, lembaran kayu akan dilakukan pemberian pelitur dengan warna-warna kayu alami, sehingga tidak heran apabila kesan natural kayunya sangat timbul dan juga menghasilkan kesan yang sangat artistik.

Maka dari itu, banyak rumah dengan tipe natural yang memilih untuk menggunakan lambersering kayu ini untuk mempercantik tampilan setiap bidang dindingnya.

Penggunaan lambersering kayu ini juga terbilang sangat awet karena tidak akan mengalami penyusutan setelah dipasang, sehingga akan menghiasi dinding rumah Anda dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding mengggunakan pelapis dinding lainnya, seperti cat atau wallpaper.

Lambersering kayu ini juga mempunyai ketahanan yang tidak perlu diragukan lagi, bisa digunakan baik sebagai interior maupun eksterior karena bahannya yang tahan lama dan tidak sensitif terhadap sinar matahari maupun kelembapan ruangan.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan munculnya jamur ataupun pemudaran warna pada lambersering kayu yang Anda gunakan sebagai pelapis dinding rumah.

Meskipun berbahan dasar kayu, tetapi kayu yang digunakan sebagai lambersering ini merupakan kayu-kayu yang ringan dengan kualitas yang mumpuni, sehingga material lambersering kayu ini akan menempel kuat pada dinding rumah Anda tanpa perlu khawatir akan mengelupas dan menimpa penghuni rumah.

baca juga : Lantai vinyl vs lantai parket, anda pilih mana ?

Kekurangan Wallpaper

Selain melihat dari kelebihan kedua material pelapis dinding rumah ini, Anda juga harus mempelajari terlebih dahulu tentang kekurangan dari masing-masing material, supaya Anda bisa menentukan pilihan untuk menggunakan wallpaper atau lambersering kayu sebagai pelapis dinding di rumah Anda.

Bisa dibilang wallpaper merupakan salah satu material yang cukup rentan terhadap kelembapan, sehingga pada saat pemasangan sangat perlu diperhatikan kondisi dindingnya itu sendiri.

Pastikan bahwa dinding sudah benar-benar dalam kondisi yang kering, karena apabila dinding masih lembab, wallpaper tidak akan bisa merekat dengan baik, imbasnya wallpaper akan menjadi mudah rusak dan berjamur.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa memasang air conditioner agar ruangan tidak terlalu lembab. Wallpaper juga sensitif terhadap sinar matahari, yang mana warnanya akan cepat memudar apabila terlalu sering terkena cahaya matahari secara langsung sehingga dinding akan terlihat pucat.

Ketahanan dari wallpaper juga tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama, rata-rata hanya bertahan dalam kurun waktu 8 sampai 10 tahun. Setelah Anda melepas wallpaper, maka akan timbul bekas pada dinding rumah Anda, hal ini akan membuat dinding rumah menjadi semakin kusam, maka diperlukan teknik khusus untuk melepaskannya atau bisa juga dengan memanggil tenaga professional di bidangnya.

Kekurangan Lambersering Kayu

Dimana ada kelebihan, disitu juga pasti ada kekurangan, maka bukan rahasia lagi apabila lambersering kayu ini juga mempunyai kekurangan.

Kekurangannya yang pertama yaitu pengerjaan lebih sulit sehingga akan lebih memakan banyak waktu dalam setiap proses pengerjaan lembaran kayunya.

Dari hal ini, maka timbullah harga yang bisa dibilang lebih mahal dibanding dengan pelapis dinding lainnya. Tetapi, hal ini bisa dibilang memang sebanding dengan hasil yang terlihat lebih natural, estetik, dan artistik, serta dari segi pengerjannya pun yang memang memakan waktu yang tidak sedikit.

Anda mau pilih yang mana?

Apabila ditinjau dari kelebihan dan kekurangan masing-masing material ini, pastinya Anda juga sudah bisa menilai sendiri material mana yang merupakan material terbaik untuk dinding rumah Anda. Sudah dapat dipastikan bahwa lambersering kayu ini unggul dalam banyak hal. Apalagi dari segi ketahanannya yang bisa bertahan jauh lebih lama, tidak akan pudar, dan tidak mudah berjamur ataupun menyusut.

Dari segi tampilannya pun lambersering kayu ini tampak lebih estetik dan artistik dengan kesan natural yang cocok untuk hunian rumah modern tipe apapun. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi untuk memilih wallpaper atau lambersering kayu sebagai pelapis dinding rumah Anda.

namun apabila budget yang anda miliki tidak terlalu banyak, bisa menggunakan wallpeper terlebih dahulu sambil menabung agar kemudian hari bisa mengganti wallpaper tersebut dengan lambersering kayu.

Ingin mengetahui lebih detail mengenai lambersering kayu ?

lihat pembahasan ini : harga Plafon kayu dan biaya pasang

Terimakasih telah menyempatkan diri membaca ulasan dari kami. Semoga bisa membantu anda menemukan jenis material terbaik untuk di pasang di rumah anda.

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda