DECKING KOLAM RENANG - LANTAI KAYU KOLAM RENANG

Decking Kolam Renang – Memiliki kolam renang di rumah menjadikan daya tarik tersendiri terhadap pemiliki rumah tersebut. Apalagi ditambah desain kayu pada area pinggiran kolam yang disebut decking.

Decking kolam renang menjadi salah satu produk andalan yang sering digunakan di area kolam renang, hal itu karena selain menambah nilai estetika, decking kolam renang berfungsi sebagai penutup lantai kolam agar meminimalisir terjadinya resiko tergelincir karena licin.

Kolam renang yang baik adalah kolam yang aman dan nyaman ketika di pergunakan. Untuk itu memilih jenis kayu yang tepat merupakan langkah awal dalam membentuk suasanya nyaman tersebut.

Jenis Kayu Untuk Kolam renang

Penggunaan lantai kayu pada tepian kolam renang memang banyak fungsinya. Salah satunya adalah meminimalisir terjadinya slip atau tergelincir yang sering terjadi pada area licin kolam renang.

Namun tidak semua jenis kayu dapat bertahan pada genangan air karena dapat terjadi pelapukan serta tumbuhnya jamur yang malah hal tersebut memunculkan resiko tergelincir.

Untuk itu akan kami berikan referensi jenis kayu yang bisa dijadikan sebagai lantai kayu kolam renang (decking kolam renang).

Makin sering kena air makin padat serat kayunya, Itulah Kayu Ulin

Kayu ulin merupakan salah satu jenis kayu yang terkenal dengan sebutan Kayu Besi. Hal itu karena jenis kayu ulin memiliki tingkat kekerasan, kekuatan serta keawetan yang cukup unggul.

Hal itu menjadikan kayu ulin dipergunakan sebagai bahan kontruksi berat juga penggunaan di air.

Di tempatnya (Kalimantan) kayu ulin di manfaatkan warga sebagai jembatan antar rumah di pinggiran sungai besar atau muara. Hal itu meyakinkan kembali kalau Ulin si kayu besi ini memang tahan terhadap air.

Baca Juga – Mengenal Produk Kayu Ulin dan Karakteristiknya

Rapatnya struktur anatomi pada kayu ulin menjadikan organisme seperti jamur serta rayap perusak kayu enggan untuk hidup dan bertumbuh di kayu ulin.

Nah, karena banyak keunggulan yang dimiliki kayu ulin ini menjadikan jenis kayu ini sebagai andalan lantai kayu kolam renang.

Hati hati dengan Kayu Merbau, karena apabila terkena Air getahnya akan keluar

Setelah membaca judul diatas pastinya anda akan bertanya-tanya, mengapa jika merbau mengeluarkan getah tetapi masuk dalam kategori lantai kayu kolam renang?

Pada kenyataanya memang jenis kayu kolam renang yang satu ini (merbau) terkenal dengan getahnya yang dapat keluar terus menerus hingga 3 bulan lamanya.

Tetapi hal itu tidak membuat produsen lantai kayu berhenti berpikir. Kayu merbau yang mengeluarkan getah masih bisa untuk dijadikan decking kolam renang.

Baca Juga Kenali Jenis Kayu Berkualitas Tinggi, Kayu merbau Asal Indonesia

Sebelum di produksi menjadi lantai kayu kolam renang, kayu merbau ini harus melewati proses pengeluaran getah yaitu dengan cara mengguyurnya dengan air lalu dikeringkan.

Proses tersebut di ulang beberapa kali hingga berminggu-minggu sampai kandungan getah dalam kayu merbau hilang.

Namun disarankan dalam waktu 3 bulan dimana masa getah keluar dari kayu merbau, kolam renang jangan dulu langsung di pergunakan untuk meminimalisir hal yang tidak di inginkan.

Setelahnya decking merbau akan sangat cantik setelah di aplikasikan pada area kolam renang.

Kayu Bengkirai, Pilihan Ekonomis namun tetap mewah untuk lantai kayu kolam renang

Kayu bengkirai yang kami gunakan sebagai produk lantai kayu kolam renang ini berasal dari Kalimantan. Meski habitatnya tersebar di beberapa pulau di Indonesia namun Kalimantan merupakan penghasil kayu Bengkirai dengan kualitas terbaik.

Kayu bengkirai memiliki karakteristik serat yang agak kasar serta warna kayu yang eksotik.

Jenis kayu ini menjadi alternatif pilihan yang ekonomis karena dengan tingkat ke awetan dan kekuatan yang cukup bagus bisa dibeli dengan harga yang cukup ramah di kantong.

Baca JugaMengenal Kayu bengkirai dan Produknya

Kekuatan kayu bengkirai memang tidak sekuat kayu ulin, namun memiliki keawetan yan baik. Masa atau umur pakai kayu bengkirai rata rata berkisar 10 hingga 15 tahun dengan kondisi terkena perubahan cuaca secara langsung.

Dengan keawetan dan kelebihannya itu kayu bengkirai ini dapat di terapkan sebagai lantai kayu kolam renang yang cukup andal.

Harga Produk Decking Kolam Renang

Setelah mengetahui jenis kayu apa saja yang bisa dijadikan sebagai lantai kayu kolam renang, berikut kami berikan informasi mengenai harga dari produk decking kolam renang promo.

Harga Decking Kolam Renang Kayu Ulin

Jenis PodukUkuran TersediaHarga
Decking Ulin1,8 cm x 9 cm x 100 – 400 cmRp. 729.000,-
Decking Ulin Coating1,9 cm x 9 cm x 100 – 400 cmRp. 749.000,-

Harga Decking Kolam Renang Kayu Merbau

Jenis ProdukUkuran TersediaHarga
Decking Merbau Polos1,9 x 9 x 100 cm-upRp. 450.000,-
Decking Merbau Jumbo1,9 x 14 x 180-390 cmRp. 451.000,-

Harga Decking Kolam Renang Kayu Bengkirai

Jenis ProdukUkuran TersediaHarga
Decking Bengkirai 1,9 cm  x 9 cm x 100 cmRp. 380.000,-
Decking Bengkirai Polos1.9 cm x 6.8 cm x 180 cmRp. 290.000,-

Perlu diketahui, harga diatas merupakan harga sementara atau sewaktu waktu akan berubah.

Harga Decking Kayu Selengkapnya : Harga Decking Kayu Murah Dan Berkualitas

Untuk itu sebelum harga kembali naik alangkah baiknya segera menghubungi marketing kami di nomor yang tertera pada bagian atas website untuk mengetahui harga promo atau pertanyaan lain yang bisa di tanyakan langsung.

Bagaimana Langkah langkah Memasang Kayu Untuk Kolam renangSimpan

Mengaplikasikan decking pada kolam renang membutuhkan proses serta pengetahuan yang cukup sulit untuk orang awam.

Hal itu karena tidak hanya semata memasang memaku dan beres, melainkan banyak hal yang harus di perhatikan dahulu sebelum memulai pemasangan.

Langkah awal dalam tahap pemasangan decking kolam renang adalah memastikan persiapan area kolam harus benar-benar matang.

Area yang akan di pasangkan decking harus mempunyai kemiringan beberapa derajat agar aliran air lancar (tidak mengendap atau menggenang di bagian decking kolam renang.

Setelah itu mempersiakan bantalan untuk dijadikan sebagai penahan dasar decking dengan cara mengukurnya dengan area yang akan dipasang.

Setelah itu langsung pada tahap akhir yaitu memasangkan decking pada bagian atas bantalan dengan hati-hati serta penempatannya di beri jarak agar menghindari pemuaian alami dari kayu tersebut.

Untuk lebih jelasnya dan detail tahap pemasangan lantai kayu kolam renang (decking) silahkan baca artikel dibawah.

Baca Selengkapnya : Tahap Pemasangan Decking

Memiliki kolam renang dengan tambahan decking merupakan dambaan banyak orang, untuk itu pastikan kolam renang anda aman serta nyaman di gunakan.

Pilihlah jenis kayu yang tepat untuk kolam renang, sehingga dapat anda nikmati.

Sekian artikel yang dapat kami informasikan, semoga dapat membantu anda menemukan lantai kayu kolam renang yang tepat!