Vinyl vs Solid vs Laminated

Vinyl vs Solid vs Laminated – istilah ini mungkin tabu bagi orang-orang yang baru di dunia Dekorasi rumah. Berbeda dengan mereka yang sudah lama menggeluti bidang arsitektur, ketiga jenis lantai ini sering menjadi bahan pertimbangan cukup membingungkan untuk dipasang pada hunian

Ok, Kali ini kami akan membahas mengenai vinyl, solid dan laminated lumayan sebagai ilmu tambahan ketika ingin mempertimbangkan ketiga jenis lantai ini. Dan bagi anda yang belum tahu sangat bermanfaat sebagai bahan tambahan ilmu juga tentunya….

kita awali dulu dengan definisi ketiganya

Vinyl, nama yang menggambarkan sebuah benda yang lentur. kita pasti tahu istilah PVC. PVC ini merupakan singkatan dari Polyvinyl Chloride Dimana sipat dari benda ini cenderung elastis tapi keras, tahan air dan mirip sekali dengan plastik.

Penerapan PVC sekarang ini banyak dilakukan, termasuk untuk lantai. Secara ekonomis penerapan lantai Vinyl tentu lebih menguntungkan karena lebih murah namun dengan bahan yang cukup tangguh dalam  bertarung melawan umur.

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang kerapkali menjadi solusi pengganti lantai kayu karena banyak lantai vinyl yang memiliki motif kayu.

Solid, Sebuah nama yang menggambarkan akan kekokohan. Dalam istilah lantai kayu, solid merupakan jenis lantai kayu yang terbuat dari 100% kayu utuh. Tentu jika kita membandingkan lantai kayu solid dengan lantai vinyl motif kayu, bisa diibaratkan kita membandingkan yang asli dan sintetis.

Laminated, merupakan jenis lantai yang terbuat dari serbuk kayu HDF, yang pada permukaanya diberi motif kayu sehingga mirip sekali dengan lantai kayu solid, dan kecendurungan orang-orang menilai lantai kayu ini ya laminated ini, dan melupakan lantai kayu solid yang merupakan lantai kayu dari kayu utuh.

vinyl solid laminated

Untuk membandingkan ketiga jenis lantai ini, tentu kita perlu tahu aspek perbandingan yang dibutuhkan. kita akan bandingkan lantai vinyl, solid dan laminated ini dari segi :

“harga”

“kekuatan”

“estetika”

“kenyamanan”

“keefesienan pemasangan”

Perbandingan harga vinyl vs solid vs laminated

Vinyl – Untuk jenis lantai vinyl Tile (vinyl Lembaran) yang memiliki ukuran 3 mm x 152.4 mm x 914.4 mm, memiliki harga rata-rata dari 100 sampai 250 ribuan. Tentu ini juga dipengaruhi kualitas lantai vinyl dan juga brand penyedia lantai vinyl ini. untuk lantai vinyl roll pastinya akan dujual dengan harga yang lebih murah lagi.

Solid – Sementara untuk lantai kayu solid, lantai kayu yang memiliki paling banyak variasi sehingga sulit juga sih untuk menentukan harganya, karena kadang ada lantai kayu solid yang memiliki harga 150ribuan juga ada yang memiliki harga 600ribuan keatas.

Harga lantai kayu solid paling dipengaruhi oleh jenis kayu yang digunakan, kedua dipengaruhi oleh ukuran lantai kayu tersebut. semakin tebal dan semakin lebar lantai kayu dijual harganya akan semakin mahal.

sebagai bahan pertimbangan kami share aja daftar harga lantai kayu solid pilihan ini

Lantai kayu Ukuran per pcs Harga per meter
parket kayu Jati Grade Putih 1,2cm x 5cm x 20cm Rp. 150.000,-
lamparquet kayu Merbau 1cm x 5cm x 25cm Rp. 160.000,-
Flooring Kayu Jati  Jati Grade C 1,5cm x 9cm x 30-90 cm random Rp. 300.000,-
Flooring Kayu Merbau 1,5cm x 9cm x 30-90cm random Rp. 420.000,-
Flooring Kayu Sonokeling 1,5cm x 12cm x 30-up cm random Rp. 440.000,-
Flooring Kayu Jati Grade A 1,5cm x 12cm x 30-up cm random Rp. 600.000,-

Laminated – Lantai laminated memiliki harga yang lebih mudah disimpulkan, harga lantai laminated rata-rata 150 sampai 250ribuan, ini untuk lantai laminated dengan ukuran 0,8 x 19,5 x 121,5 cm dan HDF yang menggunakan HDF terbaik saat ini yaitu HDF -4.

harga lantai vinyl dan lantai laminated ini hampir sama, meskipun lantai vinyl ini cenderung lebih murah sedikit. sementara harga lantai kayu solid sangat berpariasi sehingga tidak bisa dibilang lebih mahal karena ada juga lantai kayu solid yang memiliki harga yang sama dengan laminated serta vinyl.

perbandingan kekuatan lantai vinyl solid dan laminated

Vinyl – Vinyl ini jelas-jelas tahan terhadap air. dibuktikan dengan adanya produk vinyl lain yang terkhusus dibuat pipa air. tidak akan pecah juga jika terkena benturan keras. Hanya saja lantai vinyl ini mudah tergores. Mudahnya imajinasikan lantai vinyl ini sebagai karet yang keras yang akan dipasang untuk lantai hunian.

Solid – lantai kayu Solid tentu tidak tahan air, kayu solid ini tentu memiliki batasan umur untuk mempertahankan bentuk aslinya. meskipun demikian anda bisa membuatnya seperti baru dengan melakukan coating ulang.

laminated – Dan terakhir ada lantai laminated yang sama-sama tidak tahan air, dibandingkan dengan lantai kayu solid, lantai laminated ini tentu akan lebih mudah rusak karena serbuk kayu dan juga memiliki ukuran yang sangat tipis

vinyl vs solid vs laminated

Dari segi kekuatan, lantai vinyl lebih ugul dibandingkan lantai kayu solid dan laminated karena memang berbeda bahan pembuatannya. untuk selanjutnya ada lantai kayu solid yang pasti akan lebih kuat dibanding laminated karena dari kayu utuh.

Perbandingan estetika lantai vinyl vs kayu solid vs laminated

Vinyl – Vinyl ini dibaut di pabrik, tentu cetakan corak-atau motifnya sangat mirip. campuran warna motif kayu dengan bahan dasar PVC tentu masih belum kuat untuk meperlihatkan kecantikan motif kayu yang diberikan.

Solid – Lantai kayu Solid memiliki corak yang alami dari kayu utuh. sehingga coraknya akan lebih random, dan tentu akan terlihat lebih asli, toh emang ini dari kayu asli. untuk segi estetika, membandingkan lantai vinyl ataupun laminated dengan lantai kayu solid diibaratkan membandingkan yang sintetis dan yang asli.

Laminated – lantai laminated ini memiliki corak buatan seperti lantai vinyl, hanya saja karena warna corak tercampur dengan serbuk kayu, kemiripan dengan  kayu solid lebih terlihat dibandingkan vinyl, meskipun menggunakan corak yang sama.

Untuk urusan estetika lantai kayu solid tentu lebih unggul karena memang dibuatnya lantai vinyl dan laminated ini sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid yang dibuat semirip mungkin, akan tetapi tentu tidak akan bisa menandingi yang asli.

silahkan bandingkan sendiri

lantai vinyl solid laminated

membandingkan  kenyamanan vinyl vs kayu solid vs laminated

Vinyl – Vinyl ini terbuat dari PVC, tentu bahan ini tidak akan nyaman untuk digunakan, terlebih digunakan untuk berbaring. Bahkan ada satu studi penelitian yang menyebutikan lantai vinyl ini kurang baik untuk kesehatan karena mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Solid – Lantai kayu solid ini terbuat dari kayu utuh. dimana kayu dan bahan alam lain sering mengeluarkan ion negatif dan ion negatif ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. untuk kenyamanan sendiri sudah tidak perlu ditanyakan lagi, tetapi akan lebih baik jika rasakan saja dan beri nilai sendiri.

laminated – lantai laminated ini terbuat dari serbuk kayu, rasa yang diberikan dari lantai ini tidak akan jauh berbeda dengan lantai kayu solid.

Dari segi kenyamanan, lantai kayu solid dan laminated lebih unggul dibandingkan lantai vinyl. Kami sendiri tidak menyarankan lantai vinyl ini untuk digunakan sebagai tempat istirahat.

membandingkan cara pasang vinyl vs solid vs laminated

Vinyl – Pemasangan lantai vinyl ini cukup cepat. karena anda hanya tinggal membuka lem perekat dibagian bawah lantai vinyl atau bisa juga dengan menambah lem tambahan untuk memperkuat pada bagian alat lantai, kemudian tinggal pasang lantai vinyl.

Pemotongan juga sangat mudah dilakukan karena anda hanya tinggal merobeknya menggunakan cutter.

Solid – Lantai kayu solid memiliki prosedur pemasangan yang jauh lebih ribet, karena diperlukan beberapa tahap pemasangan, yaitu pemberian lem kayu, pemasangan lantai kayu, pengamplasan, lalu kemudian proses coating.

cara pasang lantai kayu

Laminated – Lantai laminated merupakan jenis lantai yang paling cepat dipasang, karena anda hanya tinggal menghubungkan tiap lembar laminated yang sudah dilengkapi dengan sistem kunci. tanpa perlu lem dan proses coating yang memakan waktu, lantai laminated ini bisa terpasang dengan mudah.

Biaya pemasangan lantai

Vinyl : Rp. 45.000 /m2

Laminated : Rp. 35.000/m2

Kayu solid : Rp. 150.000 /m2

Pemasangan lantai kayu solid jauh lebih lama dan juga lebih mahal sehingga ini bisa menjadi pertimbangan sendiri

baca juga : Promo lantai kayu

Kesimpulan

harga lantai dari yang termurah sampai termahal

Lantai vinyl => lantai laminated => lantai kayu solid

meskipun ada juga lantai kayu solid yang memiliki harga yang sama dengan lantai vinyl dan laminated tetapi lantai vinyl dan laminated tidak ada yang memiliki harga diatas 300ribu seperti lantai kayu solid, belum lagi biaya pemasangan lantai kayu solid ini jauh lebih mahal.

Kekuatan dari yang terkuat sampai terlemah

Lantai Vinyl => lantai kayu Solid => lantai laminated

ketahanan terhadap air merupakan poin penting sebuah lantai

Estetika yang diberikan

Lantai kayu Solid => lantai laminated => lantai vinyl

estetika sendiri sudah tidak diragukan lagi karena perbandingannya antara yang asli dan yang sintetis

Kenyamanan

Lantai kayu Solid = lantai laminated => lantai vinyl

bahan alami kayu dan bahan kimia PVC tentu akan lebih nyaman bahan alami kayu

Keefesienan pemasangan

lantai laminated => lantai vinyl => lantai kayu solid

Pemilihan lantai memang seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan anda, jika anda menginginkan lantai bermotif dengan kekuatan maksimal, pemilihan lantai vinyl boleh dilakukan, tetapi bagi anda yang menginginkan lantai yang berestetika tinggi bisa menerapkan lantai solid.

Dan bagi anda yang ingin melakukan pemasangan lantai dikondisi lantai yang super sibur sibuk, bisa menggunakan lantai laminated.

Demikian ulasan mengenai vinyl vs solid vs laminated. semoga dengan adanya pembahasan ini, anda dapat menentukan lantai mana yang paling cocok untuk diterapkan. jangan lupa share ke teman-teman anda yang pastinya sangat membutuhkan informasi ini.