PARKET KAYU JATI

Parket Kayu Jati Apakah anda pernah mendengar tentang lantai kayu ? khususnya lantai kayu jati ? apabila anda belum atau ingin mengetahui informasi lebih dalam mengenai jenis lantai kayu yang satu ini maka dengan membaca artikel ini adalah langkah yang tepat dilakukan.

Mengenal Parket Kayu Jati

Penggunaan material kayu sebagai penutup lantai tentunya sudah lama dilakukan, dan seiring dengan perkembangan jaman bentuk dari material kayu tersebut menjadi bervariasi, maksudnya tidak dalam potongan kayu besar akan tetapi lebih disederhanakan dan jadilah parket. ya parket kayu ialah potongan kayu yang disusun diatas permukaan lantai dan dipasang menggunakan lem.

parket kayu jati

Parket kayu jati ini rata – rata berukuran 1 x 5 x 20-30 cm, area pemasangan parket kayu jati sendiri lebih dikhususkan di area indoor seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga dan juga ruangan indoor lainnya.

Parket kayu jati ini termasuk ke dalam lantai kayu solid karena seperti yang kita ketahui solid ini maksudnya adalah jenis lantai kayu yang digunakan dengan kayu alam asli sebagai bahan dasarnya.

Produk Parket Kayu Jati

Lantai Kayu parket jati ini memiliki beberapa detail yang perlu anda ketahui, setiap parket kayu jati memiliki kelas nya yang berbeda – beda. setiap kelas tersebut memiliki keunggulan dan kelebihannya masing – masing. ciri – cirinya juga pun sudah bisa dilihat dari tampilannya. berikut ini adalah informasinya :

Parket Kayu Jati Grade A

parket kayu jati - grade a

Jenis parket kayu Grade A ini memiliki ciri warna coklat yang pekat khas kayu, jati grade A dibuat dengan menggunakan bagian kayu jati yang berada di bagian inti kayu pohon jati, jadi bisa dikatakan kekuatan yang dimiliki grade A ini kuat dan bagus.

Tingkat kekerasannya pun cukup bagus. Harga Jual parket kayu jati grade A berbeda dengan grade yang lainnya karena kualitas yang dimilikinya.

Parket Kayu Jati Grade B

parket kayu jati - grade b

Parket Kayu Jati Grade B ini dibuat dengan menggunakan bagian pohon kayu jati yang berada di bagian tengah, bagian antara inti dan kulit luarnya. ciri dari parket grade B ini coklat dengan diselingi warna putih agak kekuningan.

Kualitas kayu jati grade B ini kualitasnya tidak kalah dengan grade A yang membedakan hanyalah ciri warnanya saja.

Parket Kayu Jati Grade C

parket kayu jati - grade c

Jenis parket kayu Jati Grade C ini memiliki warna yang didominasi putih agak kekuningan dan hampir tidak ada warna coklatnya.

Jenis parket grade C ini memiliki kualitas yang juga cukup lumayan berkualitas namun tidak sebagus dengan grade A. Penempatan material Grade C ini sama saja yaitu untuk area indoor, lantai kayu grade C sangat cocok untuk anda yang ingin mendekorasi lantai dengan budget yang hemat.

harga parket kayu jati

Harga Parket Kayu Jati Mulai dari Rp 200rb, Harga selengkapnya klik disini.

Karakteristik & Keunggulan Parket Kayu Jati

Kayu Jati merupakan jenis kayu yang sangat populer di Indonesia, kayu jati banyak digunakan untuk membuat furniture rumah, kerajinan dan barang-barang lain yang bisa membantu kehidupan manusia sehari-hari, dan salah satunya yaitu Lantai Kayu Jati.

parket kayu jati

Tentunya jenis kayu mempengaruhi karakter serta kualitas dari produk lantai kayu itu sendiri. Maka dari itu tidak semua jenis kayu dapat dijadikan lantai kayu seperti parket jati ini.

Berikut karakter & kelebihan yang dimiliki parket kayu jati..

  • Tekstur dan Alur Parket Kayu Jati

Yang pertama, mari kita bedah informasi mengenai tekstur dan alur parket kayu jati.

Kayu jati ini memiliki ciri khas alur yang berbeda dari kayu lain, motif cantik lurus bergelombang membuat produk parket jati menjadi salah satu lantai kayu pilihan.

  • Berat dan Bobot dari Kayu Jati

Untuk yang kedua adalah bobot dan berat kayu jati, bisa dipastikan bahwa kayu jati yang bagus dan berkualitas adalah kayu jati yang memiliki bobot yang cenderung berat, maka dari itu parket jati menjadi salah satu jenis lantai kayu dengan kualitas terbaik.

  • Warna dan Karakteristik Parket Kayu Jati

Yang ketiga ini adalah warna dan karakteristik. biasanya parket kayu jati ini memiliki gubal atau lapisan kayu dalam yang cenderung berwarna kekuningan yang cukup cerah. Selain itu kayu jati juga memiliki bagian inti kayu (heartwood).

Untuk warna kayu inti ini biasanya berbeda-beda ada yang berwarna coklat pekat ataupun coklat keemasan, tergantung pada jenis grade parket jati.

  • Kekuatan dan Ketahanan Parket Kayu Jati

Untuk yang keempat kita akan membahas tentang ketahanan dan kekuatan, Kayu jati ini termasuk golongan kayu keras kelas I karena kekuatan yang dimilikinya, menjadikan parket kayu jati tidak mudah lapuk dan juga tahan terhadap serangan rayap.

Selain itu jati juga kuat akan serangan jamur. Meskipun memiliki tingkat kekerasan yang tinggi namun jati tetap mudah untuk diolah.

Pengolahan Kayu Jati Untuk dijadikan Parket

proses pengolahan lantai kayu

Untuk menjadikan kayu jati siap diolah sebagai bahan dasar lantai kayu, tentunya kayu harus melewati beberapa tahapan. Pohon jati yang baru saja ditebang dan diambil kayunya tidak bisa begitu saja langsung diolah melainkan harus melewati proses pengeringan terlebih dahulu sebelum siap diolah.

Kadar air yang berada di kayu yang baru saja ditebang tentunya sangat tinggi dan pengeringan ini tujuannya untuk mengurangi kadar air tersebut.

Terdapat 2 cara untuk proses pengeringan kayu jati, yang pertama adalah dengan menjemurnya dibawah sinar matahari, cara ini adalah cara tradisional dalam proses pengeringan kayu.

Sedangkan untuk cara kedua adalah dengan dimasukan ke dalam oven khusus kayu. Pengeringan tersebut berfungsi agar kayu bisa keras dan kokoh pada saat diproses nanti.

proses pengolahan lantai kayu

Setelah kayu jati siap, selanjutnya di olah dengan memotong membentuk sebuah lempengan parket dan terakhir di finishing hingga halus.

Apakah anda sudah bisa memahaminya ?

Lantai kayu jati ini memang harga jualnya cukup lumayan tinggi akan tetapi hal tersebut tentunya sepadan dengan kualitas dan kelebihan yang dimilikinya.

Perlu anda ketahui kelebihan parket jati ini tidak banyak dimiliki oleh jenis lantai kayu yang lainnya. Salah satunya adalah dapat menjadikan suhu ruangan terasa lebih hangat sehingga anda penghuni rumah akan merasa lebih nyaman pada saat berada di dalamnya.

Masih ada penjelasan lainnya mengenai kayu jati yang menjadi bahan dasar parket jati, berikutnya adalah mengenai cara menebang dan membelah kayu jati.

Bagian Terbaik dari Kayu Jati

Pada jaman dulu, Kayu Jati yang bagus untuk ditebang atau siap panen biasanya yang sudah berumur 80-100 tahun karena semakin tua umur pohon maka akan semakin bagus lagi kualitasnya.

Namun di jaman sekarang sudah ada beberapa metode yang bisa mempercepat kualitas kayu jati sehingga pohon jati sudah bisa ditebang dalam kurun waktu 5-10 tahun. hal tersebut bisa dicapai dengan pengembangan varietas jati.

Bagian yang berada di paling tengah biasanya disebut Heartwood. Bagian yang tengah tersebut selain dibuat untuk lantai kayu banyak juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kusen.

Sekian artikel yang bisa diberikan kali ini, semoga Info Parket kayu jati yang tidak banyak diketahui bisa bermanfaat untuk anda sekalian, terimakasih.