lantai kayu untuk lapangan basket

Lantai Kayu Untuk Lapangan Basket di Sumedang

Sumedang adalah salah satu kota dengan lokasi di dataran tinggi. Kota yang berdekatan dengan kota Bandung ini memiliki banyak sekolah berkualitas. Sekolah-sekolah tersebut ditunjang dengan gedung-gedung olahraga yang memadai. Penggunaan lantai kayu untuk lapangan basket di Sumedang menjadi hal lumrah dan biasanya. Siswa yang menggunakan lapangan basket dengan lantai dari kayu akan lebih aman saat bermain atau bertanding basket dengan siswa sekolah lain. Lapangan basket biasanya ditempatkan di lapangan tertutup atau di dalam gedung. Hal ini untuk melindungi kayu dari perubahan cuaca yang ekstrim. Gedung juga dapat melindungi kayu dari adanya hujan sehingga lantai kayu tetap kering dan tidak lapuk. Ada beberapa faktor mengapa lantai kayu lebih disukai daripada lantai beton pada umumnya. Simak bahasan di bawah ini.

Lapangan Basket Tidak Boleh Licin

Basket merupakan olahraga dengan aktivitas tinggi. Olahraga ini sarat dengan lari, lompat, dan kontak fisik antar pemain. Pemain basket pasti berlari dan melompat untuk mendapatkan skor atau mengambil bola jika tembakan tidak masuk ke ring. Dibutuhkan lantai lapangan basket yang tidak licin untuk mencegah pemain selip saat berhenti dari kondisi lari. Lantai beton atau semen biasany cukup licin. Meskipun dibuat sedikit kasar permukaannya, lantai semen atau beton lebih mudah menghabiskan permukaan bawah sepatu sehingga umur sepatu lebih singkat. Lantai kayu lebih aman dan tidak membuat sepatu gampang aus. 

Pemakaian Kayu Lebih Empuk

Lantai beton atau semen memiliki permukaan yang keras dan dapat menyebabkan kecelakaan fatal saat pemain jatuh ke lantai. Kecelakaan seperti patah tulang di lapangan basket dapat terjadi jika salah posisi saat mendarat dari lompat. Lantai kayu untuk lapangan basket di Sumedang lebih empuk dan lebih aman digunakan. Material kayu parket yang biasa digunakan merupakan kayu solid yang memiliki kekerasan cukup untuk memantulkan bola atau melompat meraih bola. Sepatu khusus untuk basket sebaiknya digunakan agar engsel atau sendi telapak kaki aman saat berolahraga. Sepatu jenis running tidak dianjurkan untuk main di lapangan basket berlantai kayu.

Pemasangan Lantai Kayu Harus Rata

Lantai kayu untuk lapangan basket di Sumedang harus rata. Pemasangan kayu parket harus dipermukaan semen atau beton yang kuat dan rata. Kondisi lantai kerja yang bergelombang akan membuat rongga antara kayu parket dengan lantai dasarnya. Hal ini menyebabkan lantai lapangan basket tidak dapat digunakan untuk bertanding. Selain pantulan bola yang tidak terarah, lompatan pemain basket juga tidak akan bisa setinggi lantai kayu yang rata. Jika lantai dasar untuk lapangan masih belum rata atau bergelombang, lantai dasar harus diratakan dan diukur kembali dengan waterpass. Pekerjaan pemasangan lantai kayu padat dilakukan saat waterpass menunjukkan gelembung air pas di garis tengah.

Basket merupakan salah satu olahraga paling digemari oleh masyarakat atau para murid. Penggunaan lapangan bakset sebaiknya dilakukan dengan benar dan tidak sembarangan. lantai kayu untuk lapangan basket di Sumedang tidak boleh digunakan dengan bermain fustal dengan sepatu sepakbola yang memiliki gerigi. Hanya sepatu olahraga yang datar dapat masuk ke dalam lapangan basket. Pemeliharaan lantai kayu juga lebih diperhatikan dengan cara memastikan lantai kayu tetap kering atau dikeringkan saat dipel dengan lap basah. Lantai kayu memiliki umur pakai yang cukup lama saat perawatan dilakukan dengan tepat. Tidak adanya perawatan akan menyebabkan lantai kayu cepat rusak atau lapuk dan menjadi longgar ikatannya.

Open chat
Terimasih telah menghubungi saya, saya siap membantu kebutuhan anda