lantai wpc

Apa Itu Lantai WPC & Bedanya dengan SPC

Lantai WPC, Last Update (19/01/2024) – Bagi Anda yang belum tahu apa itu WPC, WPC adalah komposit kayu plastic. Komposit disini artinya adalah campuran jadi WPC ini merupakann campuran dari kayu dan juga plastic, kayu dan juga plastic ini dilebur jadi satu kemudian jadilah material baru yang di sebut WPC.

Anda bisa menjadikan WPC ini sebagai alternatif untuk pengganti kayu, karena seperti yang kita tahu kalau harga lantai kayu bisa dibilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lantai tempel ini.

Baca Juga: 5 Material Lantai Outdoor Terbaik ditahun 2022

Dengan menggunakan WPC ini Anda bisa merasakan keindahan yang sama dengan kayu. Namun, perlu anda ketahui bahwa memang lantai tempel atau lantai sintetis seperti ini tidak akan bisa menyamai kualitas yang dimiliki kayu solid asli.

Karakteristik dari WPC

karakteristik lantai wpc

Jika membahas mengenai kayu WPC pastinya kayu yang satu ini memiliki karakteristiknya sendiri, pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai karakteristik dari kayu WPC:

• Memberikan penampilan dan juga nuansa yang sama seperti kayu yang alami.
• Tidak terlalu sulit untuk di rawat karena tidak mudah rusak atau juga lapuk dimakan oleh rayap seperti kayu biasa.
• Awet ketika digunakan untuk jangka waktu yang lama karena tahan dengan kelembaban karena tercampur dengan plastic.
• Memiliki kekuatan dari serangan jamur dan juga rayap.
• Tidak mudah untuk terkorosi atau busuk dan menjadikannya tidak kuat lagi.
• Terbuat dari daur ulang dan juga limbahkayu, menjadikan produk yang satu ini ramah lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan daur ulang.
• Tetap bisa di paku atau di sekrup untuk mengencangkannya.

Kelebihan dan Kekurangan WPC

kelebihan lantai wpc

Kelebihan Lantai WPC

WPC ini pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, ini dia beberapa kelebihan dari WPC:

1. Kualitas

Kualitas WPC ini sudah pasti sangat terjamin, karena terbuat dari bahan yang sudah di formulasikan secara khusus. Walaupun WPC terbuat dari bahan daur ulang tatp tetap termasuk barang yang berkualitas karena bahannya juga berkualitas.

2. Mudah saat diolah

WPC ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda, WPC juga bisa dibentuk dan juga di cetak dalam berbagai pilihan warna serta ukuran.

Maka dari itu WPC juga bisa digunakan untuk membuat jendela bahkan pintu. Dengan menggunakan WPC tampilannya akan jadi halus. Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang menggunakan WPC ini untuk jendela, pintu hingga perabotan dirumah.

3. Pemasangan Mudah

Pemasangan lantai WPC sangatlah mudah, bahkan anda tidak memerlukan bantuan tukang untuk memasangkannya dirumah anda. Hal tersebut menjadi faktor pendukung untuk memangkas biaya pemasangan yang cukup tinggi.

4. Salah satu bahan pengganti

WPC ini merupakan salah satu pengganti dari kayu lapis, dengan menggunakan WPC ini Anda akan jadi lebih hemat biaya dan tetap merasakan karakteristik yang sama.

WPC ini lebih baik dari kayu, karena kayu punya kelemahan dari segii kualitasnya, selain itu kayu juga bisa saja memiliki bentuk yang tidak presisi. Dengan menggunakan WPC Anda bisa mengatasi isu dari penebangan pohon.

Setelah membahas mengenai kelebihan dari WPC ini dia beberapa kekurangan yang dimiliki oleh WPC:

Kekurangan Lantai WPC

Berikut ini kekurangan lantai WPC yang dapat anda jadika patokan untuk memiih jenis lantai yang cocok dan sesuai:

1. Sifat kimia

WPC ini didalamnya terdapat kandungan polimer plastic dan juga serat kayu jadi bahan kimia pasti ada didalamnya untuk mencampurkan kedua bahan tersebut.

2. Rawan untuk meleleh

Kekuatan WPC di suhu yang ekstream ini cukup rendah jika dibandingkan dengan kayu. Karena seperti yang kita tahu kalau plastic ini mempunyai titik leleh yang rendah untuk bahan bangunan.

3. Keindahan

Seperti yang kita tahu kalau kayu ini memiliki serat alami yang indah, tapi jika Anda menggunakan WPC Anda tidak akan mendapatkan tekstur dari kayu alami ini, jadi WPC ini tidak akan mirip 100% seperti kayu alami.

Harga Lantai WPC

Harga lantai WPC ini cukup beragam. Hal tersebut karena jenis dari kayu WPC ini cukup banyak. Jadi Anda bisa menyesuaikan jenis WPC apa yang Anda inginkan. Harga WPC lantai ini biasanya dibandrol dengan:

  • Mulai dari 200-300ribuan permeter

Baca Juga : Harga Lantai Kayu Solid Terbaru 2021

Perbandingan Lantai WPC dan SPC

perbandingan lantai wpc

Jika kita coba bandingkan dengan SPC dari bahannya, tentunya keduanya ini memiliki perbedaan karena SPC ini terbuat dari komponen kalsiun karbonat, sedangkan untu WPC ini sudah jelas terbuat dari kayu dan juga plastic.

Jika kita coba bandingkan juga dari sisi kenyamanannya , lantai WPC indoor ini akan terasa lebih nyaman karena lebih empuk dan juga stabil, tapi lantai SPC juga cukup padat jadi lebih bisa menahan beban yang berat dan juga benturan.

Lantai yang terbuat dari WPC juga tidak mudah pudar seperti SPC karena WPC sudah di buat dengan campuran yang spesifik dan pastinya ketat. Selain itu WPC juga bisa Anda gunakan cat untuk melindungi permukaan pada lantai WPC, pastinya lebih canggih kan.

Selengkapnya tentang : Lantai SPC, Praktis dan Berkualitas

Jika kita coba bandingkan dengan lantai SPC, jika Anda tidak bisa merawatnya dengan benar bisa menjadikan kekuatan dan juga ketahan dari SPC ini tidak akan bertahan lama, jadi jika Anda tidak ingin lantai SPC Anda jadi lebih cepat pudah dibutuhkan perawatan yang cukup intens.

Sangat disarankan juga untuk menghindari lantai SPC ini tidak terkena sinaran matahari berlebihan secara langsung. Sebenarnya keduanya ini sama-sama tidak memiliki ketahan yang baik terhadap api, karena memang bahan dasar keduanya ini terbuat dari plastic.

Tapi walaupun begitu keduanya masi bisa kuat untuk suhu panas, tapi dalam suhu yang rendah.

wpc dan spc

Kemudian jika kita bandingkan dari segi harganya dari lantai WPC dan juga lantai SPC ini lebih murah harga dari lantai SPC. Harga ini tentu saja tergantung dengan ukuran dan juga mereknya ya.

Untuk perbandingan saat pemasangan disini yang unggul adalah lantai SPC karena lebih mudah saat dipasangkan bahkan SPC ini jika Anda pasang di tempat yang tidak rata juga akan tetap terlihat sempurna.

Saat memasangnya juga tidak membutuhkan peralatan yang sulit ditemukan.

Hal itu tentu saja berbeda dengan lantai WPC, karena jika ingin memasang lanta ini pemasangannya harus dilakukan oleh seorang ahli.

Alat-alat yang digunakan untuk memasang WPC ini cukup banyak, diantaranya ada bor, obeng, gergaji, meteran, dan juga palu. Selain itu untuk tahap akhirnya juga memiliki perlakuakn yang berbeda.

Setelah kita bahas perbandingan WPC dan juga SPC keduanya ini memiliki perbedan yang cukup signifikan. Perbedaan dari keduanya ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Semuanya tergantung pilihan Anda.

Terimakasih ya sudah membaca dan menyimak artikel ini sampai selesai, semoga informasinya bisa bermanfaat untuk Anda ya!