warna nat keramik

Tips Memilih Warna Nat Keramik, Pertimbangkan Hal Berikut

Warna Nat Keramik – Ketika sedang menentukan kriteria lantai rumah yang kuat dan mudah dibersihkan, mungkin keramik menjadi pilihan yang tepat dengan memberi dampak yang besar secara daya tahan maupun visual.

Memasuki ruangan dengan keramik marmer putih mungkin akan menjadi pengalaman yang berbeda dari memasuki ruangan dengan keramik polos berwarna gelap. Ketika anda akan mengganti model lantai lama, pastikan untuk mempertimbangkan warna nat keramik.

Selain pemilihan model keramik, mempertimbangkan warna nat keramik tidak kalah penting. Meskipun terbilang cukup kecil untuk area lantai, namun itu akan berdampak besar pada visual yang dapat menentukan nuansa pada seluruh ruangan.

Baca Juga: 5 Alternatif Lantai Selain Keramik, Dengan Plus Minusnya!

Apa Itu Nat Keramik, dan Mengapa Begitu Penting?

warna nat keramik

Pada bangunan rumah, keramik tidak mengambil 100% area dari lantai. Celah diantara keramik diisi dengan material pasta kering yang biasa disebut dengan nat, dan dapat terbuat dari beberapa bahan yang berbeda.

Nat menjadi penting karena beberapa alasan, seperti menjadi sealant terhadap air, mempengaruhi visual lantai secara keseluruhan dan lain sebagainya.

Keramik perlu diberi jarak agar tidak retak saat mengembang atau memuai, tetapi membeiarkan celah tersebut kosong merupakan kesalahan fatal, karena dapat membiarkan air masuk dan meresap kelantai yang menyebabkan kerusakan parah pada keramik. Nat berperan penting disitu untuk mencegah air masuk.

Selain berguna sebagai sealant terhadap air, warna nat keramik juga penting untuk memaksimalkan tujuan visual. Sama seperti keramik, nat juga memiliki dampak yang besar dalam memberikan nuansa pada ruangan.

“Mencari nat keramik, lantai keramik, atau jenis lantai lainnya di Bandung? Ke toko material terlengkap di Bandung aja! Hubungi marketingnya disini (Hendi – 08112075500).”

Warna Nat Keramik Paling Umum Digunakan

warna nat keramik

Warna pada lantai dan dinding dapat berkontribusi dalam perpaduan visual pada ruangan, tetapi menarik untuk dicatat bahwa variasi warna sangat bergantung pada bahan atau material yang digunakan. Dinding pada ruangan kamar cenderung lebih sering menggunakan warna berani seperi merah dan biru terang daripada warna lantainya sendiri.

Warna nat keramik akan terlihat kontras ketika menggunakan warna yang cerah seperti merah, dengan mengabaikan motif atau warna pada keramik. Tentu itu merupakan kesalahan, karena perpaduan warna yang kurang baik dapat menimbulkan kesan aneh.

Warna nat keramik yang paling sering digunakan merupakan warna sederhana seperti hitam dan putih. Namun selain itu, warna krem, coklat, hijau lumut, dan abu-abu juga sering digunakan untuk menghadirkan suasana yang berbeda pada lantai.

Baca Juga: Jenis Lantai Terbaik Untuk Ciptakan Rumah Gaya Skandinavia

Pertimbangkan Ini Dalam Memilih Warna Nat Keramik

warna nat keramik

Sebetulnya memilih warna nat keramik merupakan proses yang mudah. Namun jika anda merupakan seseorang yang ingin memaksimalkan tampilan ruangan, mempertimbangkan hal-hal berikut ini mungkin akan lebih sulit.

Anda perlu mempertimbangkan warna nat keramik yang dibandingkan dengan warna keramik, serta apa keunggulannya untuk pemasangan serta perawatannya. Dapat dicatat, warna nat dapat mempengaruhi bagaimana mengaplikasikannya serta seberapa sering anda perlu membersihkannya.

Kami mengumpulkan beberapa faktor dalam menentukan nat keramik, agar dapat memastikan dengan baik warna mana yang terbaik untuk digunakan.

Pola Keramik

Hal pertama yang dapat anda pertimbangkan adalah seperti apa pola desain keramik yang akan dipasang. Jika akan menggunakan pola kisi sederhana, seperti persegi, warna sederhana seperti hitam dan putih akan lebih cocok.

Namun jika anda berencana menggunakan pola mozaik atau desain rumit lain, warna nat keramik yang kontrak merupakan pilhan terbaik, karena akan memberikan visual yang lebhi hidup pada pola pemasangannya.

Noda

Anda mungkin sudah tahu, kalau pemasangan nat seringkali menodai keramik atau area yang tidak semestinya. Dengan begitu anda perlu mempertimbangkan warnanya agar tidak menjadi perusak tampilan pada keramik itu sendiri.

Usahakan untuk tidak menggunakan warna nat keramik yang gelap, karena dapat menodai keramik yang berwarna terang. Mungkin saja nat dapat dihapus, namun pada beberapa bahan itu akan menyulitkan.

Perawatan

Warna nat yang lebih gelap mungkin akan menyulitkan untuk dipasang karena anda perlu berhati-hati, namun dapat memberikan anda manfaat pada perawatannya. Nuansa gelap pada nat akan menyembunyikan kotoran, sehingga anda tidak perlu sering dalam membersihkannya.

Berbeda dengan warna nat terang, lekukan yang lebih rendah dari keramik membuat area nat menjadi tumpukan kotoran yang akan terlihat jelas. Dengan begitu anda perlu sering membersihkannya dan itu akan menyulitkan.

Ukuran Ruangan

Faktor ini mungkin akan terdengar aneh, namun nat dapat mempengaruhi seberapa luas ruangan akan terasa. Ketika anda memasuki ruangan dengan warna nat keramik yang serasi, nat akan membuat semua keramik terkesan terhubung, dengan begitu akan memberikan nuansa lantai yang lebih luas.

Berbeda ketika anda menggunakan warna nat kontras, setiap potongan keramik akan terlihat jelas terpisah dan itu akan membuat visual ruangan tampak lebih sempit.

Baca Selanjutnya: Lantai Kayu VS Keramik Marmer, Mana yang Lebih Unggul?

***

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor diatas, anda mungkin dapat lebih jelas menilai setiap jenis atau warna nat pada lantai. Setelahnya, penyesalan tidak akan datang ketika anda memilih warna nat yang sesuai. Selamat menikmati hunian nyaman dan tampilan yang elegan!

Terimakasih telah berkunjung dan menikmati setiap paragrafnya sebagai wawasan baru untuk anda baca. Semoga dapat menginspirasi dan membuat hunian lebih nyaman.

Untuk informasi produk lantai kayu yang lebih hangat dari keramik seperti vinyl, parket, atau laminate. Dengan pemasangan yang profesional dapat berkonsultasi dengan marketing terbaik kami disini 0811-240-377