dekorasi kamar tidur remaja

5 Tips Dekorasi Kamar Tidur Remaja Simpel & Estetik

Dekorasi Kamar Tidur Remaja – Pada saat memasuki usia remaja, pastinya anak menginginkan ruang pribadi untuk beristirahat dan bebas mengekspresikan dirinya.

Akan tetapi, sebelum membangun atau merenovasi kamar tidur anak yang sudah beranjak dewasa, pastikan untuk mengobrol dan sharing seputar dekorasi kamar tidur remaja yang biasanya akan mendapat banyak masukan.

Baca Juga: Jenis Lantai Terbaik untuk Dekorasi Ruang Kerja lebih Nyaman

Hindari untuk memasukan barang atau dekorasi yang tidak disukai oleh anak tersebut. Pastikan mendesain kamar yang sesuai dengan keinginan dan jati dirinya, agar merasa lebih nyaman dan tenang beristirahat maupun berkegiatan dialam ruangannya.

Berikut ini tips dekorasi kamar tidur remaja yang dapat anda maksimalkan pada ruang terbatas dengan hasil yang mencerminkan keinginan anak.

1. Buat Dekorasi Fungsional dan Multifungsi

dekorasi kamar tidur remaja

Perlu diingatkan kembali, bahwa kamar untuk anak remaja bukan sekedar tempat tidur, melainkan ruangan bagi mereka eksplorasi kreativitas serta kemandiriannya.

Biasanya untuk anak yang sudah beranjak dewasa dan memasuki sekolah menengah pertama (SMP), kamar tidur seringkali dijadikan tempat belajar bersama, berkumpul, dan beristirahat dengan teman sekolahnya.

Maka dari itu, gunakan dekorasi kamar tidur remaja yang fungsional dan serbaguna untuk menunjang seluruh kegiatan yang biasa terjadi di kamar anak remaja.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Kamar Tidur Sederhana yang Nyaman

Tidak lupa untuk bekerja sama dengan anak untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman, biasanya dekorasi berikut ini yang paling penting pada desain kamar tidur remaja kekinian:

  • Area Belajar Yang Terpisah
  • Tempat Tidur Yang Nyaman dan Bersih
  • Tempat Bersantai Dengan Teman

Akan tetapi poin diatas akan sangat sulit diterapkan pada denah kamar yang tidak terlalu besar, jadi cobalah untuk menggunakan kreativitas anak dalam hal ini.

2. Gunakan Warna Kontras Pada Dinding & Lantai

dekorasi kamar tidur remaja

Untuk menciptakan suasana yang lebih hidup dan membangkitkan semangat belajar, cobalah menggabungkan dua warna yang kontras pada dinding dan lantai.

Biasanya penggabungan dua warna yang kontras dapat menciptakan efek visual yang lebih hidup apalagi dibalut dengan desain 3D, biasanya anak remaja suka akan hal tersebut.

Misal, gabungkan dua warna cat terang seperti putih dan hijau, biru dan hitam, atau hijau dan biru navy untuk menciptakan kesan modern akan tetapi tetap terlihat simpel.

Cobalah beberapa desain dinding kamar tidur remaja berikut ini:

  • Desain Dinding Graffiti
  • Wallpaper Dinding Custom
  • Desain Geometris
  • Tulisan Quote Buatan Anak
  • Hiasan Neon Tempel
  • Foto Atau Poster Kesukaan

Jangan lupakan hiasan dinding lain agar kamar tidur terasa lebih estetik. Nuansa tersebut dapat menciptakan kebanggaan tersendiri bagi anak ketika kedatangan teman-temannya.

3. Jangan Lupakan Kenyamanan

dekorasi kamar tidur remaja

Meski fokus utama dalam dekorasi kamar anak remaja ada pada tampilan visual, anda perlu memperhatikan kenyamanannya juga, karena hal itu akan berdampak pada suasana hati anak apalagi remaja perempuan.

Biasanya, anak remaja perempuan menyukai dekorasi yang lebih lembut, kursi dan kasur yang nyaman, serta tekstur lantai yang lembut.

Pertimbangkanlah beberapa furnitur dan dekorasi yang lembut dan membuat ruangan lebih nyaman berikut ini:

  • Lantai Vinyl
  • Plafon Kayu
  • Karpet Bulu Sintetis
  • Bantal Empuk
  • Tempat Tidur Dengan Ukuran Pas dan Empuk

Lantai vinyl menjadi poin pertama karena saat ini banyak remaja yang menginginkan dekorasi kamar tidur remaja khas korea. Apalagi lantai vinyl sangat tren saat ini dengan kualitas dan banyak manfaat yang akan dirasakan.

Cobalah menggunakan plafon kayu agar kamar terasa lebih hangat apabila dimalam hari, begitupun lebih sejuk ketika siang hari dengan kondisi luar ruangan yang panas.

Baca Juga: 4 Jenis Plafon Kayu Kamar Tidur, Buat Ruangan Lebih Hangat

4. Buat Desain Simpel nan Unik

dekorasi kamar tidur remaja

Kita harus tahu bahwa anak-anak remaja biasa menghabiskan waktunya dikamar bersama teman sebayanya dengan melakukan hal unik dan kreatif dalam mengeksplor jati dirinya.

Warna, desain, ataupun furnitur dekorasi yang unik dan imajinatif dapat membuat anak menjadi semangat untuk membuat ruang istrahat yang sesuai dengan keinginannya.

Tambahkan beberapa furnitur dekorasi yang unik untuk tampilan ruangan yang lebih menarik, seperti dibawah ini:

  • Hammock (Tempat Tidur Gantung)
  • Kursi Ayun
  • Papan Tulis
  • Aquarium Kecil

5. Tambahkan Ruang Penyimpanan

dekorasi kamar tidur remaja

Sudah menjadi rahasia umum kalau anak yang sudah beranjak dewasa apalagi laki-laki tidak suka merapikan ruang kamarnya sendiri. Maka dari itu, untuk menghindari kamar yang acak-acakan tambahkan ruang penyimpanan.

Dengan adanya ruang penyimpanan pada dekorasi kamar tidur remaja mungkin dapat menjadi solusi fitur yang membantu kamar tidur terlihat lebih rapi dan tidak terkesan berantakan.

Buatlah ruang penyimpanan dengan kisi-kisi kayu jika memang luas kamar mencukupi. Kisi-kisi kayu dapat menjadi alternatif partisi ruangan yang lebih simpel dan terkesan estetik.

Baca Selanjutnya: 3 Jenis Lantai Kamar Tidur dengan Motif Kayu yang Nyaman

Itulah kelima tips dekorasi kamar tidur remaja yang dapat anda praktikan sendiri dirumah, semoga bermanfaat dan mudah difahami.

Hubungi kami untuk mendapatkan informasi seputar lantai vinyl, kisi-kisi kayu dan produk plafon kayu beserta jasa pasang yang ahli untuk hunian anda. Dapatkan promo bulan ini sekarang juga!

Scroll to Top