Serangga Perusak Kayu

Waspadai 6 Jenis Serangga Perusak Kayu Sebelum Merusak!

Serangga Perusak Kayu, Gudangparquet.net – Dari jaman dulu kayu sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, rumah yang dibangun kebanyakan memiliki kontruksi dari kayu meliputi interiornya.

Namun seringkali, kita dihadapkan dengan serangga yang dapat merusak kayu. Beberapa serangga tersebut benar-benar memakan kayu, sebagian lagi menghancurkannya ketika membuat sarang didalam kayu tersebut.

Pastinya anda tidak ingin furnitur atau kontruksi rumah rusak dikarenakan serangga-serangga ini. Maka dari itu penting untuk mengenali apa saja jenis serangga perusak kayu.

Karena dalam beberapa kasus, kerusakan pada kayu tidak terlihat dengan mata telanjang.

1. Rayap Pemakan Kayu

Rayap Serangga Perusak Kayu

Rayap merupakan serangga bersayap yang hidup di dalam selulosa kayu, biasanya mereka membuat terowongan di dalam kayu untuk membuat jalur sambil mengunyahnya.

Pada permukaan, biasanya kayu terlihat tidak terjadi apa apa bahkan sangat halus, namun akan hancur ketika ditekan menggunakan tangan atau alat lainnya. Ini yang membuat kita seringkali lengah dengan kerusakan yang diakibatkan oleh rayap.

Umumnya, rayap terbagi dalam dua jenis yaitu rayap tanah dan rayap kayu. Rayap tanah membangun sarang dibawah tanah karena membutuhkan kelembapan bagi kelangsungan hidup mereka.

Rayap kayu ini yang menjadi penyebab sebagian besar kerusakan pada kayu furnitur, tiang pagar, hingga pohon mati.

Untuk mencegah rayap merusak furnitur di dalam rumah, kami sudah membuat artikel tentang itu. Silahkan baca dibawah ini:

Baca Disini: 6 Tips Jitu Mencegah & Membasmi Rayap dengan Cepat & Tepat!

2. Semut Kayu

Semut Serangga Perusak Kayu

Jenis serangga perusak kayu satu ini tidak memakan kayu, namun mereka menggali kedalam kayu untuk membangun sarang.

Semut perusak kayu memiliki ciri dengan ukuran yang lebih besar dari semut biasa, warna yang beragam tergantung pada spesiesnya seperti hitam, merah, kuning dan coklat.

Sebagian semut perusak kayu memiliki sayap pada tubuhnya seperti rayap. Jika pada rayap sayap depan dan belakang memiliki ukuran yang sama, namun pada semut ini sayap depannya memiliki ukuran yang lebih panjang dari sayap belakang.

Semut perusak kayu ini biasanya menyerang kayu yang sudah membusuk. Anda dapat denga nmudah menemukan jenis serangga perusak kayu ini di ruang bawah tanah atau pada area kayu busuk dekat kusen jendela atau pada pipa bocor.

Ciri lain kerusakan yang diakibatkan serangga ini adalah serutan kayu yang menumpuk di permukaan.

3. Kumbang Penggerek Kayu

Kumbang Serangga Pemakan Kayu

Kumbang perusak kayu ini memiliki ukuran lebih kecil dari kumbang pada umumnya, berwarna coklat dengan bentuk tubuh memanjang dan kepala kecil. Biasanya kumbang dewasa dapat berukuran sekitar 2,5 cm hingga 5 cm.

Berbeda dengan kedua jenis serangga perusak kayu diatas, kumbang ini justru memanfaatkan kayu sebagai alas untuknya bertelur. Nah ketika telur kumbang menetas, larva tersebut yang memakan kayu dan mengunyah permukaan kayu hingga membuat terowongan dalam waktu satu sampai lima tahun lamanya.

Kumbang penggerek kayu ini patut di cegah, karena pada beberapa kasus dia bisa saja memakan kayu lunak hingga kayu keras.

Jenis kerusakannya sendiri tergantung pada jenis atau spesies dari kumbang tersebut, dan kerusakan yang biasanya ditemukan pada lantai parket, panel, furnitur, kusen pintu dan furnitur lain.

4. Kutu Kayu

Kutu Serangga Pemakan Kayu

Kutu kayu termasuk dalam keluarga krustasea atau isopoda, jenis serangga perusak kayu ini memiliki ciri yang berbeda dengan rayap.

Kutu kayu memiliki rangka tubuh luar berukuran panjang layaknya kecoa, dan tekstur fisiknya keras dengan 14 anggota badan bersendi yang terlihat tersusun rapih.

Kutu kayu merupakan hewan yang bergerak dengan sangat lambat, serta lebih aktif pada malam hari daripada siang hari.

Saat dalam posisi terancam seperti di sentuh tangan manusia, kutu kayu ini akan menggulungkan badannya seperti trenggiling yang membentuk seperti bola. Hal tersebut dilakukan memang dalam tujuan untuk melindungi diri, tekstur keras pada punggungnya menjadi tameng bagi dirinya.

Keberadaan kutu kayu ini tidak boleh dianggap sepele, karena jika dala kawanannya kutu kayu akan membawa masalah besar bagi rumah anda.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Jamur Pada Furnitur Kayu

5. Lebah Kayu

Lebah Serangga Pemakan Kayu

Lebah kayu atau nama lainnya carpenter bee ini termasuk dalam golongan spesies hymenoptera dan famili apidae. Lebah ini terdiri dari 500 spesies dengan 33 subgens yang tersebar di seluruh dunia.

Sesuai dengan namanya, lebah jenis ini memang sering menggunakan kayu sebagai sarangnya. Ia melubangi setiap material kayu untuk membuat sarang dan meninggalkan lubang pada permukaan kayu berukuran sekitar 7 mm hingga 10 mm.

Lebah kayu ini seringkali menyerang bagian kontruksi atap rumah yang terbuat dari kayu. Ketika hinggap dan membuat sarang, maka kayu tersebut akan banyak dilubangi dari atas permukaan hingga kebagian dalam kayu. Tentu hal tersebut akan membuat struktur kayu semakin melemah.

Akibatnya kontruksi atap rumah akan semakin rapuh dan perlu perbaikan dan memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu penting untuk mencegahnya dengan cara memberi serbuk intektisida pada lubang tempat sarangnya hidup. Kemudian tutup lubang tersebut agar mencegah lebah kayu itu lari dan membuat lubang lain pada rumah anda.

6. Teter

Teter Serangga Pemakan Kayu

Teter atau nama latinnya Lyctus brunneus ini sebetulnya masih sejenis kumbang, namun memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih kecil dan memanjang sekitar 1 sampai 7 mm.

Teter memiliki ciri warna coklat kemerahan pada tubuhnya, dan biasanya menjadikan kayu sebagai makanannya. Pada beberapa informasi yang didapat, teter ini ternyata lebih menakutkan daripada rayap.

Dampak dari serangan teter ini membuat kayu keropos dan berlubang, dan jika kayu sudah diserang oleh teter maka akan merubah tampilan kayu dan membuatnya tidak indah lagi.

Uniknya, teter ini menyerang kayu secara individu dan tidak berkelompok. Namun serangan dari teter ini dilakukan dalam waktu yang lama hingga semua bagian kayu sudah tidak dapat dimakan lagi olehnya.

Untuk mencegahnya, anda dapat menggunakan obat pengawet kayu ketika sebelum dibuat menjadi olahan produk kayu atau furnitur.

***

Itulah beberapa serangga yang dapat merusak kayu hingga membuat kontruksi rumah menjadi lemah. Mengerikan bukan?

Akan tetapi anda tidak perlu takut dengan produk furnitur dari kami seperti lantai kayu, decking ataupun plafon. Karena sudah memiliki standarisasi anti rayap atau serangga peusak kayu, sehingga dapat dipastikan aman dari resiko tersebut.

Untuk informasi pemesanan dapat menghubungi kami disini 0811-240-377 

Scroll to Top